Yamaha Indonesia Optimistis Vinales-Quartararo Bisa Gaet Konsumen

Kompas.com - 08/12/2020, 09:42 WIB
Maverick Vinales dan Marc Marquez berfoto bareng usai sesi kualifikasi MotoGP Australia 2019 di Sirkuit Phillip Island, 27 Oktober 2019. AFP/PETER PARKSMaverick Vinales dan Marc Marquez berfoto bareng usai sesi kualifikasi MotoGP Australia 2019 di Sirkuit Phillip Island, 27 Oktober 2019.

JAKARTA, KOMPAS.com - Selama beberapa tahun, Yamaha memanfaatkan Valentino Rossi untuk memasarkan produknya. Namun, mulai musim depan, Rossi sudah bukan lagi menjadi bagian dari tim pabrikan Yamaha.

Rossi akan bergabung dengan tim satelit Petronas Yamaha Sepang Racing Team. Dengan begitu, segala sesuatu bentuk pemasaran yang menggunakan nama Rossi sudah tidak bisa lagi digunakan mulai tahun depan.

Baca juga: Valentino Rossi Canggung Berhadapan dengan Adik Tirinya di MotoGP 2021

Antonius Widianto, Manager Public Relation dan Yamaha Riding Academy PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), mengatakan, Rossi memiliki branding yang kuat. Tidak hanya saat di Yamaha, tapi juga ketika berada di pihak kompetitor, seperti Ducati, Rossi tetap punya fans yang kuat, termasuk Indonesia.

Valentino Rossi absen di MotoGP Aragon. (Photo by JOSE JORDAN / AFP)JOSE JORDAN Valentino Rossi absen di MotoGP Aragon. (Photo by JOSE JORDAN / AFP)

Dengan berpindahnya Rossi ke tim lain, maka Yamaha Indonesia harus mulai menggunakan kedua pebalap tim pabrikan Yamaha, Maverick Vinales dan Fabio Quartararo, untuk promosi. Anton mengatakan, pihaknya tetap optimistis kedua pebalap tersebut dapat diterima konsumen.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Saya pikir dia akan ada masanya. Justru dengan pebalap baru didukung dengan prestasi tentu akan mem-branding sendiri. Memang image Rossi melekat sekali dengan Yamaha," kata Anton, kepada wartawan, di sela-sela test rider Gear 125 di Sentul, Bogor, beberapa waktu lalu.

Anton menambahkan, mulai awal tahun 1 Januari 2021, Yamaha Indonesia sudah tidak bisa pakai Rossi lagi untuk promosi. Sebab, pebalap yang dijuluki The Doctor tersebut berada di bawah Petronas.

Baca juga: Rossi Sebut Generasi Muda Pebalap MotoGP Sangat Kompetitif

"Tapi, selama dia masih menggunakan mesin Yamaha, seperti kemarin saat (Franco) Morbidelli menang, Quartararo menang, kami masih mempublikasikan kok dengan ucapan selamat, karena dia masih menggunakan produk Yamaha," ujar Anton.

"Petronas kan lebih kepada sponsor, kita masih bisa pakai image Rossi. Tapi harus izin Petronas kalau memang bareng sama branding motornya, tapi seperti apparel 46|Asia kita masih jual kok, karena itu kan tidak ikut ke Petronas, ikutnya ke Rossi," kata Anton.

Fabio Quartararo saat berlaga di MotoGP Styria. AFP/JOE KLAMAR Fabio Quartararo saat berlaga di MotoGP Styria.

Menurut Anton, jika suatu saat nanti Vinales dan Quartararo yang didatangkan ke Indonesia, konsumen dan penggemar MotoGP tetap akan menyambutnya dengan antusiasme yang tinggi.

"Ya kalau dibandingkan sama Rossi pasti tidak, tapi Vinales punya massa. Quartararo dia akan punya massa juga, tapi butuh waktu. Tapi namanya pebalap MotoGP dan punya banyak fans di Indonesia, cukup menariklah kalau kita bawa ke sini," ujar Anton.

Anton mengatakan, dengan adanya Vinales dan Quartararo, yang juga sudah cukup terkenal, tetap bisa mengangkat produk apapun itu. Baik itu produk baru atau dengan Yamalube. misalkan kita saat loncing produk baru, ataukun misalnya dengan Yamalube.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.