Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rossi Tak Dapat Perlakuan Khusus di Petronas Yamaha SRT

Kompas.com - 03/12/2020, 14:01 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

PORTIMAO, KOMPAS.com - Petronas Yamaha SRT mengatakan senang dengan kehadiran Valentino Rossi. Meski demikian tim menegaskan tidak ada pebalap favorit di paddock.

Proses perpindahan Rossi dari tim pabrikan ke Petronas Yamaha SRT cukup panjang. Banyak hal dibahas termasuk orang-orang yang bakal dibawa ke tim barunya.

Baca juga: Marc Marquez Terkejut Alex Bisa Podium pada Tahun Pertama

Wilco Zeelenberg, Manajer Tim Petronas SRT, menceritakan sedikit perihal proses "tukar guling" antara Rossi dengan Fabio Quartararo.

Franco Morbidelli saat berlaga di MotoGP Valencia. (Photo by LLUIS GENE / AFP)LLUIS GENE Franco Morbidelli saat berlaga di MotoGP Valencia. (Photo by LLUIS GENE / AFP)

"Sudah jelas sejak awal bahwa kami akan kehilangan Fabio. Yamaha menginginkannya dan kami tidak ingin berdebat dengan mereka," kata Wilco mengutip Tuttomotoriweb, Kamis (3/12/2020).

Wilco mengatakan, di pasar ada banyak pebalap tapi karena sudah ada perjanjian maka Rossi "harus" masuk skuat 2021. Tim pun senang bisa mendapatkan Rossi, yang merupakan legenda balap.

“Valentino adalah orang penting di dunia ini, tapi kami sangat jelas dengannya, kami yang menentukan strateginya," katanya.

Baca juga: Optimisme Tinggi Takaaki Nakagami pada MotoGP 2021

Fabio Quartararo saat berlaga di MotoGP Valencia. (Photo by LLUIS GENE / AFP)LLUIS GENE Fabio Quartararo saat berlaga di MotoGP Valencia. (Photo by LLUIS GENE / AFP)

"Tentu saja dia ingin membawa orang-orangnya, tetapi kami mengatakan kepadanya bahwa kami bertanggung jawab kepada Petronas," kata Wilco.

Salah satu contoh tidak ada perlakuan khusus ialah pembagian posisi di paddock. Rossi harus mengalah pada muridnya Franco Morbidelli yang lebih dulu memakai sisi kiri.

"Vale akan menempati sisi kanan kotak dan bukan kiri dia biasa, mungkin tampak seperti detail, tapi itu penting. Itu sisi Franco,” kata Wilco.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com