Toyota Siapkan SUV Baru, Pakai Platform Khusus e-TNGA

Kompas.com - 07/12/2020, 18:23 WIB
SUV Toyota baru dengan platform e-TNGA KOMPAS.com/RulySUV Toyota baru dengan platform e-TNGA
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Toyota memastikan diri untuk mulai melakukan perubahan pada lini bisnis kendaraan bermotornya menyongsong era elektrifikasi melalui penciptaan platform khusus, e-TNGA.

Bahkan, pabrikan asal Jepang tersebut mengatakan bahwa dalam waktu dekat akan memperlihatkan model baru untuk jajaran European Battery Electric berupa sport utility vehicle (SUV) berukuran sedang dengan teknologi dimaksud.

Hanya saja Toyota masih terkesan malu-malu untuk mengungkapkan secara rinci produk itu. Hanya siluet dan detil arsitektur platform saja yang ditampilkan.

Baca juga: BMW Siapkan Mobil Listrik Murni iX1, Calon Pesaing Lexus UX 300e

Logo ToyotaPaultan Logo Toyota

"Toyota akan segera mengambil langkah berikutnya dalam peluncuran portofolio baterai-listrik di masa mendatang dengan terlebih dahulu melihat SUV menengah baru dalam beberapa bulan lagi," kata Koji Toyoshima, Deputy Chief Officer, ZEV Factory, Toyota Motor Corporation dalam keterangan resmi, Senin (7/12/2020).

Pada kesempatan sama, Koji mengatakan mobil dengan platfom e-TNGA baru tersebut akan lebih 'cerdas' dan serbaguna karena kemudahan teknologinya untuk beradaptasi di berbagai jenis produk.

Disebutkan bahwa e-TNGA bisa diaplikasikan dalam mobil berpenggerak roda depan, belakang, atau empat dengan berbagai kapasitas baterai dan motor listrik.

Melalui pendekatan serbaguna itu, maka waktu pengembangan varian produk yang berbeda dapat dikurangi dan pengembangan model individu bisa dilakukan secara pararel.

Kap mesin mobil juga dikatakan akan semakin pendek, karena komponen motor listrik tidak begitu besar. Kamera akan menggantikan peran spion kaca, karena bentuknya bisa mungil bakal mengurangi blind spot pada pilar A.

Baca juga: Persiapan Musim Hujan, Ini Pilihan Mobil Diesel Bekas Rp 100 Jutaan

Toyota melakukan recall 6,5 juta unit untuk beberapa model karena power window.Reuters/ Yuya Shino Toyota melakukan recall 6,5 juta unit untuk beberapa model karena power window.

Model berbasis e-TNGA pertama telah dikembangkan dan sedang disiapkan untuk diproduksi lewat pabrik ZEV Toyota di Jepang.

"Keserbagunaan dan fleksibilitas teknologi e-TNGA memungkinkan kami merancang dan membuat kendaraan yang tak hanya bertenaga baterai, tapi juga menarik untuk dikendarai dan indah dilihat," tutupnya.

Sebagaimana diketahui, platform TNGA merupakan kepanjangan dari Toyota New Global Architecture yang sudah diperkenalkan pertama kali melalui Prius pada 2015.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X