Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Toyota Siapkan SUV Baru, Pakai Platform Khusus e-TNGA

JAKARTA, KOMPAS.com - Toyota memastikan diri untuk mulai melakukan perubahan pada lini bisnis kendaraan bermotornya menyongsong era elektrifikasi melalui penciptaan platform khusus, e-TNGA.

Bahkan, pabrikan asal Jepang tersebut mengatakan bahwa dalam waktu dekat akan memperlihatkan model baru untuk jajaran European Battery Electric berupa sport utility vehicle (SUV) berukuran sedang dengan teknologi dimaksud.

Hanya saja Toyota masih terkesan malu-malu untuk mengungkapkan secara rinci produk itu. Hanya siluet dan detil arsitektur platform saja yang ditampilkan.

"Toyota akan segera mengambil langkah berikutnya dalam peluncuran portofolio baterai-listrik di masa mendatang dengan terlebih dahulu melihat SUV menengah baru dalam beberapa bulan lagi," kata Koji Toyoshima, Deputy Chief Officer, ZEV Factory, Toyota Motor Corporation dalam keterangan resmi, Senin (7/12/2020).

Pada kesempatan sama, Koji mengatakan mobil dengan platfom e-TNGA baru tersebut akan lebih 'cerdas' dan serbaguna karena kemudahan teknologinya untuk beradaptasi di berbagai jenis produk.

Disebutkan bahwa e-TNGA bisa diaplikasikan dalam mobil berpenggerak roda depan, belakang, atau empat dengan berbagai kapasitas baterai dan motor listrik.

Melalui pendekatan serbaguna itu, maka waktu pengembangan varian produk yang berbeda dapat dikurangi dan pengembangan model individu bisa dilakukan secara pararel.

Kap mesin mobil juga dikatakan akan semakin pendek, karena komponen motor listrik tidak begitu besar. Kamera akan menggantikan peran spion kaca, karena bentuknya bisa mungil bakal mengurangi blind spot pada pilar A.

Model berbasis e-TNGA pertama telah dikembangkan dan sedang disiapkan untuk diproduksi lewat pabrik ZEV Toyota di Jepang.

"Keserbagunaan dan fleksibilitas teknologi e-TNGA memungkinkan kami merancang dan membuat kendaraan yang tak hanya bertenaga baterai, tapi juga menarik untuk dikendarai dan indah dilihat," tutupnya.

Sebagaimana diketahui, platform TNGA merupakan kepanjangan dari Toyota New Global Architecture yang sudah diperkenalkan pertama kali melalui Prius pada 2015.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/12/07/182332215/toyota-siapkan-suv-baru-pakai-platform-khusus-e-tnga

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke