Jangan Sembarang Gunakan Sarung Penutup Bodi Mobil

Kompas.com - 06/12/2020, 11:41 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Sarung penutup bodi mobil masih menjadi pilihan buat bagi pemilik mobil karena bisa melindungi dari terik sinar matahari dan air hujan ketika parkir. Fungsi lainnya, untuk melindungi cat agar tidak cepat pudar atau lecet.

Kendati demikian, perlu diingat bahwa dalam memilih sarung penutup mobil juga harus berhati-hati. Usahakan jangan yang berbahan tipis atau sudah dilapisi busa dan bahan lembut karena jika tidak bisa membuat lecet cat mobil.

Baca juga: Plus Minus Run Flat Tire Dibandingkan Ban Mobil Biasa

Hal lain yang perlu dipahami, yaitu cara penggunaannya tidak boleh sembarangan. Terutama setelah hujan lalu panas lagi, jika didiamkan begitu saja bisa timbul jamur di kaca atau bodi.

“Pemilik mobil sebaiknya tidak menggunakan sarung penutup mobil dalam keadaan basah atau lembab. Kemudian jika sarung penutup mobil terkena hujan, segera lepas. Karena biasanya air tersebut akan nempel dengan bodi dan itu harus dihindari, sebab jamur bisa timbul dari situ,” ujar CEO Topcoat Indonesia Christopher Sebastian kepada Kompas.com, Sabtu (5/12/2020).

Membersihkan bodi mobilAris F. Harvenda Membersihkan bodi mobil

Christopher melanjutkan, jika kondisinya seperti itu, pemilik mobil harus segera mencuci atau membasuh mobil dengan air bersih lalu dikeringkan agar tidak muncul bercak pada bodi mobil.

Baca juga: Mobil Terendam Banjir, Waspadai 3 Masalah Ini

“Terutama bagi pemilik mobil berwarna putih, jika tidak langsung dicuci maka bisa menimbulkan flek kuning,” katanya.

Tidak kalah penting, menurut Christopher sebaiknya pemilik mobil membedakan bahan sarung penutup mobil untuk area indoor dan outdoor.

“Kalau outdoor sebaiknya gunakan sarung penutup mobil dengan bahan yang tahan air (waterproof), apalagi di musim hujan seperti saat ini. Sedangkan kalau untuk indoor biasanya menggunakan bahan yang lebih halus atau bahan kain katun,” kata Christopher.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.