Strategi Kemenhub Agar Masyarakat Tertarik Naik Teman Bus

Kompas.com - 04/12/2020, 18:45 WIB
Teman Bus telah diluncurkan di 5 kota di Indonesia. infopublik.idTeman Bus telah diluncurkan di 5 kota di Indonesia.
|

JAKARTA, KOMPAS.comKementerian Perhubungan (Kemenhub) belum lama ini merilis layanan Teman Bus. Sebuah implementasi program buy the service angkutan umum di kawasan perkotaan berbasis jalan.

Secara teknologi, program berbasis non tunai ini lebih andal untuk meningkatkan keselamatan, keamanan, serta kenyamanan mobilisasi masyarakat.

Untuk diketahui, saat ini layanan bus bersubsidi ini sudah tersedia di 5 kota, mulai Palembang, Solo, Bali, Medan, dan Yogyakarta.

Baca juga: Ramai Travel Gelap, Pengusaha Bus Minta Jasa Raharja Berlaku Adil

Layanan Teman Bus dengan basis Buy The Service resmi beroperasi di SoloKemenub Layanan Teman Bus dengan basis Buy The Service resmi beroperasi di Solo

Kemenhub mencatat sampai dengan 2 Desember 2020, jumlah pengguna Teman Bus sudah mencapai 1,55 juta penumpang.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, mengatakan, sejumlah strategi diterapkan pihaknya untuk menarik minat masyarakat untuk menggunakan layanan Teman Bus.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pertama, sosialisasi jadi aspek penting untuk menginformasikan kehadiran Teman Bus pada masyarakat setempat.

Baca juga: Jangan Panik, Begini Trik Mengemudi Saat Hadapi Tanjakan

Ilustrasi sopir mengendarai armada Teman Bus di Palembang.tribunnews.com Ilustrasi sopir mengendarai armada Teman Bus di Palembang.

Kedua, berkoordinasi dengan pemerintah daerah agar operasional berjalan baik dan meningkatkan kepercayaan masyarakat.

“Armada tidak hanya harus laik jalan, tapi juga memiliki desain yang menarik. Sehingga busnya harus dibuat keren-keren,” ujar Budi, dalam webinar (4/12/2020).

Budi juga mengatakan, memberikan pelayanan yang prima juga menjadi kewajiban. Seperti memperhatikan ketepatan waktu operasional dan menjaga kebersihan armada.

Baca juga: Uji Coba Perdana, Kapal Mulai Kirim Mobil dari Pelabuhan Patimban

Gubernur Bali I Wayan Koster (Baju merah) saat peluncuran Teman Bus di halaman Pasar Badung, Denpasar, pada Senin (07/09/2020)Robinson Gamar Gubernur Bali I Wayan Koster (Baju merah) saat peluncuran Teman Bus di halaman Pasar Badung, Denpasar, pada Senin (07/09/2020)

Termasuk juga, mengintegrasikan layanan Teman Bus dengan fasilitas publik untuk menunjang aktivitas pengguna agar lebih efisien.

“Kalau itu semua dilakukan, seperti tepat waktu dan bersih, pasti diminati,” ucap Budi.

“Apalagi kalau kita operasikan bus ini, yang jadi kekuatannya point to point atau dari satu tempat ke satu tempat. Ini kalau kita kerjakan dengan baik, masyarakat pasti mau,” katanya.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.