Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peluang Andrea Dovizioso Gantikan Marquez di MotoGP 2021

Kompas.com - 04/12/2020, 17:41 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pebalap andalan Repsol Honda Marc Marquez akhirnya menjalani operasi ketiga. Juara dunia delapan kali itu kembali dioperasi lantaran proses penyembuhan yang lama.

Berkat operasi tersebut, Marquez membutuhkan waktu yang cukup lama untuk proses pemulihan cedera tulang humerus kanan. Pebalap berusia 27 tahun itu diprediksi akan melewatkan beberapa balapan pada awal MotoGP 2021.

Baca juga: Daihatsu dan Honda Respons Positif Adanya Pelabuhan Patimban

Dikutip dari Tuttomotoriweb, saat ini tim Honda sedang mencari pebalap pengganti yang bisa membantu mengembangkan motor Honda RC213V selama Marc Marquez absen.

Belum lagi pabrikan asal Jepang tersebut baru saja kehilangan Cal Crutchlow untuk MotoGP 2021. Pebalap anyar yang masuk Honda adalah Pol Espargaro, yang sebelumnya memperkuat KTM.

Salah satu nama yang berpeluang besar untuk menggantikan Marquez saat ini adalah Andrea Dovizioso. Dovizioso sendiri memang diketahui tidak akan mengikuti balapan dan menerima tawaran apapun untuk MotoGP 2021.

Pebalap asal Italia itu enggan jika hanya dijadikan test rider atau rider pengganti selama Marc Marquez absen di lintasan balap.

Andrea Dovizioso saat berlaga di MotoGP Emilia Romagna. (Photo by ANDREAS SOLARO / AFP)ANDREAS SOLARO Andrea Dovizioso saat berlaga di MotoGP Emilia Romagna. (Photo by ANDREAS SOLARO / AFP)

Namun Dovizioso mengutarakan niatnya untuk terbuka terhadap semua tawaran. Ditambah mantan pebalap Ducati itu memiliki masa lalu yang penting dengan Honda, tentu ini akan menjadi pertimbangan untuknya.

Baca juga: Sean Gelael Berharap Tampil Maksimal di Sakhir Outer Track

Kini Honda disarankan menurunkan tiga motor untuk tim pabrikan di MotoGP 2021. Jika ini yang ditawarkan oleh Honda, tidak menutup kemungkinan Andrea Dovizioso bakal tertarik.

Artinya jika Marc Marquez kembali ke trek, tim pabrikan Honda punya komposisi menakutkan Pol Espargaro, Andrea Dovizioso dan Marc Marquez.

Sebelumnya Repsol Honda juga pernah menurunkan tiga motor sekaligus pada MotoGP 2011. Saat itu ada Andrea Dovizioso yang disandingkan dengan Casey Stoner dan Dani Pedrosa.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com