Vinales Meragukan Yamaha Bisa Bersaing di MotoGP 2021

Kompas.com - 03/12/2020, 16:20 WIB
Maverick Vinales tampak gembira seusai menjalani sesi latihan bebas MotoGP Australia 2019 di Sirkuit Phillip Island, 27 Oktober 2019. AFP/PETER PARKSMaverick Vinales tampak gembira seusai menjalani sesi latihan bebas MotoGP Australia 2019 di Sirkuit Phillip Island, 27 Oktober 2019.

JAKARTA, KOMPAS.com - Maverick Vinales menjadi salah satu rider Yamaha yang meraih hasil buruk di MotoGP 2020. Dirinya hanya mampu finish di posisi ke-6 klasemen akhir dengan raihan 132 poin.

Sebetulnya tidak hanya Vinales yang bernasib buruk, pebalap Yamaha lain seperti Valentino Rossi dan Fabio Quartararo juga gagal mendapat posisi yang bagus pada akhir musim 2020.

Rossi terempas di posisi ke-15, sedangkan Quartararo yang sempat menjadi favorit di seri awal hanya mampu finish di posisi ke-8.

Baca juga: Bagaimana Cara Membersihkan Batok Helm yang Benar?

Hanya Franco Morbidelli yang berhasil tampil gemilang dan mengunci posisi runner-up dengan koleksi 158 poin.

Morbidelli mampu tampil konsiten dengan motor YZR-M1 2019 miliknya. Berbeda dengan ketiga pebalap lainnya yang sudah dibekali dengan motor YZR-M1 keluaran terbaru namun justru memberikan hasil yang kurang baik.

“Motor M1 Morbidelli memang terkadang lebih baik dari yang baru, tapi terkadang juga lebih buruk. Kami harus memahami apakah kami bisa bersaing atau tidak,” ujar Vinales dikutip dari Motosan, Kamis (3/12/2020).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Maverick Vinales saat berlaga di MotoGP Teruel. AFP/PIERRE-PHILIPPE MARCOU Maverick Vinales saat berlaga di MotoGP Teruel.

Pebalap berusia 25 tahun itu menilai kekurangan utama YZR-M1 ada pada daya cengkeraman di bagian belakang motor.

“Seperti yang sudah dikatakan oleh Valentino Rossi, masalahnya ada pada daya cengkeraman di belakang,” katanya.

Baca juga: Begini Cara Mengemudi Mobil Saat Hujan

Oleh sebab itu, pebalap asal Spanyol ini ingin segera mengembangkan YZR-M1. Sebab, jika ia tidak memiliki tunggangan yang kompetitif akan sulit bersaing memperebutkan kemenangan pada musim depan.

“Menurut saya, kami orang-orang yang tidak mengambil langkah ke depan. Kami tidak membawa sesuatu yang baru dan kami belum meningkat," kata Vinales.

“Saat ini saya tidak ingin memikirkan tentang apa yang menanti. Saya hanya akan memikirkannya ketika saya berada di musim perdana tahun depan di Qatar. Saya berharap untuk memulai dengan baik dan terus berkembang,” tambahnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.