Siasati Cuaca Panas, Ingat Tips Ringan Rawat AC Mobil

Kompas.com - 02/12/2020, 16:21 WIB
ac mobil Kompas.com/Fathan Radityasaniac mobil

JAKARTA, KOMPAS.com - Belakangan ini, cuaca panas bisa dirasakan warga Jakarta dan sekitarnya. Untuk itu, penting sekali merawat air conditioner (AC) pada mobil agar tetap nyaman saat berkendara.

AC yang tidak dirawat dapat membuat hawa dingin yang dihasilkan tidak optimal atau bahkan rusak total. Ada beberapa langkah ringan untuk merawat komponen tersebut.

Baca juga: Mengapa Evaporator AC Mobil Bisa Bocor?

"Ada lima hal yang bisa dilakukan untuk menjaga performa AC agar tetap bisa menyejukkan kabin," ujar Imam Suyudi, Section Head Technical Quality 4W PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Evaporator AC mobilFoto: Dokter Mobil Evaporator AC mobil

Pertama, jaga kebersihan condensor. Setelah itu, jaga kebersihan evaporator, agar aliran udara dari kipas tidak terhalang.

"Lalu, gunakan air filter AC jika memungkinkan, karena ada juga yang tidak bisa dilengkapi air filter. Filter AC berguna untuk mencegah cepat kotornya evaporator," kata Imam.

Imam mengatakan, pemilik mobil juga disarankan untuk mengganti filter refrigeran secara berkala. Komponen ini juga biasa disebut dengan istilah dryer.

Baca juga: Kedinginan, Jangan Mematikan AC Mobil Saat Hujan

"Jangan lupa, jika mengganti filter, maka harus kembali tambah gas refrigeran," ujar Imam.

Imam menjelaskan, dengan mengganti filter juga dapat mencegah terjadinya mampet pada kran ekspansi dan rusaknya kompresor.

Terakhir, Imam menyarankan untuk menambahkan oli yang cukup untuk pelumasan saat mengganti komponen filter. Sebab, kekurangan oli dapat menyebabkan kompresor rusak.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X