Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Siasati Cuaca Panas, Ingat Tips Ringan Rawat AC Mobil

JAKARTA, KOMPAS.com - Belakangan ini, cuaca panas bisa dirasakan warga Jakarta dan sekitarnya. Untuk itu, penting sekali merawat air conditioner (AC) pada mobil agar tetap nyaman saat berkendara.

AC yang tidak dirawat dapat membuat hawa dingin yang dihasilkan tidak optimal atau bahkan rusak total. Ada beberapa langkah ringan untuk merawat komponen tersebut.

"Ada lima hal yang bisa dilakukan untuk menjaga performa AC agar tetap bisa menyejukkan kabin," ujar Imam Suyudi, Section Head Technical Quality 4W PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Pertama, jaga kebersihan condensor. Setelah itu, jaga kebersihan evaporator, agar aliran udara dari kipas tidak terhalang.

"Lalu, gunakan air filter AC jika memungkinkan, karena ada juga yang tidak bisa dilengkapi air filter. Filter AC berguna untuk mencegah cepat kotornya evaporator," kata Imam.

Imam mengatakan, pemilik mobil juga disarankan untuk mengganti filter refrigeran secara berkala. Komponen ini juga biasa disebut dengan istilah dryer.

"Jangan lupa, jika mengganti filter, maka harus kembali tambah gas refrigeran," ujar Imam.

Imam menjelaskan, dengan mengganti filter juga dapat mencegah terjadinya mampet pada kran ekspansi dan rusaknya kompresor.

Terakhir, Imam menyarankan untuk menambahkan oli yang cukup untuk pelumasan saat mengganti komponen filter. Sebab, kekurangan oli dapat menyebabkan kompresor rusak.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/12/02/162100015/siasati-cuaca-panas-ingat-tips-ringan-rawat-ac-mobil

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke