Waspada Kebakaran, Ini Titik-titik Lokasi APAR di SPBU

Kompas.com - 02/12/2020, 14:24 WIB
SPBU 31.12802 di area Jalan MT Haryono, Jakarta Selatan (Dok. Pertamina) SPBU 31.12802 di area Jalan MT Haryono, Jakarta Selatan (Dok. Pertamina)
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Kejadian pom bensin terbakar kembali terjadi, kali ini lokasinya di SPBU milik Pertamina di Jl. MT Haryono, Jakarta Selatan, Selasa (1/12/2020). Saat ini, PT Pertamina bersama pihak berwajib masih menyelidiki dan mendalami penyebab dari kejadian itu.

Sebagai alternatif, terdapat SPBU terdekat di sekitar lokasi, yaitu SPBU 34.12806 di Jl. Dr Soepomo dan SPBU 34.12902 di Jl. Gatot Subroto.

“Jadi yang kemarin terbakar itu bukan SPBU, tapi alat pengisian BBM. Untuk bangunan, dispenser, nozzle tidak terpengaruh,” ujar Eko, kepada Kompas.com (2/12/2020).

Baca juga: Viral Video Yaris Tabrak Motor, Ini Alasan Jangan Menyalip di Tikungan

Ilustrasi operator SPBU Pertamina menggunakan Alat Pemadam Api Ringan (APAR).Pertamina Ilustrasi operator SPBU Pertamina menggunakan Alat Pemadam Api Ringan (APAR).

Eko mengatakan, berkat kesigapan operator SPBU yang bahu-membahu memadamkan percikan api menggunakan alat pemadam api ringan ( APAR), kebakaran yang lebih parah bisa terhindarkan.

“Sudah berhasil ditangani dan situasi berangsur kondusif. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini,” ucap Eko.

“Jadi kalau ada insiden di lapangan tidak boleh panik. Segera cari APAR untuk memadamkan api, biasanya terletak di titik-titik strategis, seperti di sekitar dispenser, di dekat area pengisian, di kantor juga ada,” tuturnya.

Baca juga: Mengenal Beragam Singkatan Nama dari PO Bus di Sumatera

Ilustrasi alat pemadam api ringan (APAR)Gridoto.com/Radityo Herdianto Ilustrasi alat pemadam api ringan (APAR)

Eko menambahkan, petugas SPBU Pertamina telah mendapatkan pelatihan dasar tentang bahaya kebakaran dan penggunaan APAR.

“Ketika ada api, mereka sudah tahu harus melakukan apa. Pemahaman ini yang kami berikan agar semua operator siap,” kata Eko.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X