Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kedinginan, Jangan Mematikan AC Mobil Saat Hujan

Kompas.com - 09/11/2020, 10:22 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat berkendara dalam kondisi hujan, tidak sedikit pengendara mobil yang memilih untuk mematikan alat pengatur suhu atau air conditioner (AC) agar tidak kedinginan. Namun, cara ini dinilai kurang tepat.

Service Head Auto2000 Bekasi Sapta Agung Nugraha menyarankan, ketika dalam kondisi hujan, AC mobil harus tetap dinyalakan. Pasalnya, agar kaca mobil tidak embun karena embun pada kaca mobil bisa mengganggu jarak pandang pengemudi.

Baca juga: Alasan Alex Rins Posisi Ketiga Klasemen Meski Poinnya Sama Quartararo

“Saat hujan, terdapat perbedaan suhu antara di dalam dengan di luar ruangan. Untuk itu, sebaiknya AC mobil tetap dinyalakan. Kalau tidak, akan berembun,” ujar Sapta belum lama ini kepada Kompas.com.

Ilustrasi AC mobildjedzura Ilustrasi AC mobil

Kalau kedinginan, bisa dengan mengurangi suhu atau kekuatan semburan AC ke arah tubuh. Bisa juga dengan membuka sedikit kaca samping asalkan tidak terlalu lama.

Menurut Sapta, embun yang muncul di kaca mobil disebabkan oleh temperatur suhu kabin yang lebih hangat ketimbang di luar.

Oleh sebab itu, agar suhu di dalam kabin tetap lebih dingin, cara yang harus dilakukan adalah tetap menyalakan AC, tetapi tidak dalam posisi full.

Baca juga: PSBB Transisi Diperpanjang, Ganjil Genap Belum Berlaku di DKI Jakarta

“Paling penting jangan mengarahkan semburan AC ke kaca bagian samping kanan atau kiri. Sebab, ini malah membuat bagian kaca tersebut berembun,” kata Sapta.

Sapta melanjutkan, lebih baik diarahkan ke atas atau bagian tengah antara pengemudi dan penumpang. Kemudian, atur kipas AC di setelan paling kecil. Adapun untuk suhu bisa diatur pada posisi yang lebih rendah.

“Paling tidak suhunya harus lebih dingin di kabin agar kaca tidak berembun,” ucapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com