Bus Lintas Sumatera Jarang Berikan Servis Makan Gratis

Kompas.com - 24/11/2020, 17:00 WIB
Layanan bus akap jalanceritaLayanan bus akap

JAKARTA, KOMPAS.com – Ketika bepergian dengan bus antar kota antar provinsi (AKAP) biasanya harga tiket tersebut termasuk dengan servis makan. Servis makan ini juga sebenarnya menyesuaikan dengan kelas pelayanan yang dipilih.

Servis makan ini diberikan saat bus sedang beristirahat di restoran. Walaupun servis makan sudah termasuk pada harga tiket, biasanya sudah ditentukan lauk dan sayur serta buahnya yang bisa diambil penumpang.

Pelayanan makan gratis saat perjalanan ini memang umum ada di bus AKAP sekitar Pulau Jawa. Namun jika naik bus AKAP ke Sumatera, tidak banyak perusahaan otobus (PO) yang memberikan layanan makan gratis ini.

Baca juga: Siapkan Rp 125 Jutaan, Bikin Campervan dari HiAce Untuk Bertualang

Bus AKAP baru PO ALSInstagram/pt.antarlintassumatera Bus AKAP baru PO ALS

Generasi Ketiga salah satu Pemilik Armada di PO ALS, Sewan Delrizal Lubis mengatakan, tidak adanya servis makan di bus Sumatera memang dari dulu tidak diberi servis makan gratis ini.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Mungkin karena jarak trayeknya yang jauh, jadi tidak diberi makan. Memang dari manajemen waktu perjalanannya, jadi tidak terlalu lama beristirahat saat di jalan,” ucap Sewan kepada Kompas.com, Selasa (24/11/2020).

Sewan juga mengatakan, tidak menutup kemungkinan kalau ke depannya akan ada servis makan. Selain itu, untuk bus AKAP dengan trayek menuju Bukittinggi dan Padang, penumpang dikasih snack dan minuman.

Baca juga: Suzuki Klaim XL7 Jadi Stimulus di Pasar SUV Murah

Selain itu, Anggota Forum Bismania Indonesia, Asrul Arifin Siregar mengatakan, ada perbedaan karakter penumpang yang menjadikan tidak adanya servis makan di bus Sumatera.

“Kalau di Jawa kan servisnya di jatah. Sedangkan di Sumatera, biasanya penumpang suka milih lauknya,” ucap Asrul kepada Kompas.com.

Harga makanan saat perjalanan ke Sumatera juga bisa terbilang mahal. Asrul mengatakan, kalau ada uang lebih, bisa banyak pilih lauknya. Sedangkan kalau dananya minim, biasanya cari warung-warung di sekitar rumah makan saat bus istirahat.



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X