Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ford Ranger Menjelajah Bali-Jakarta dengan Solar dari Sampah Plastik

JAKARTA, KOMPAS.com – Pada 2018, Get Plastic melakukan perjalanan ramah lingkungan dengan memakai bahan bakar bensin dan solar yang diperoleh dari pengolahan sampah plastik dengan metode pirolisis.

Jika sebelumnya, sang pendiri organisasi Gerakan Tarik Plastik (Get Plastic) Dimas Bagus Widjanarko melakukan perjalanan 1.200 kilometer menyusuri Pulau Jawa dan Bali.

Perjalanan ini merupakan bagian dari kampanye #pedulisampahplastik yang dilakukan Get Plastic. Tahun ini, organisasi peduli lingkungan ini menginisiasi perjalanan yang lebih panjang bertajuk, Demi Ibu Bumi.

Berdasarkan akun Instagram Get Plastic, Demi Ibu Bumi merupakan perjalanan ramah lingkungan yang diinisiasi untuk merespons permasalahan-permasalahan lingkungan yang melukai alam.

Untuk menguji kelayakan dan ketahanan bahan bakar olahan sampah plastik, Get Plastic mengadakan test drive dari Bali-Jakarta pada 26 November sampai 30 November 2020.

Salah satu aktivis dari Get Plastic Foundation Ayu mengatakan, perjalanan ini dilakukan dengan mengemudikan satu mobil yang akan diisi dengan bahan bakar dari sampah plastik yang sudah diolah.

“Mobil yang digunakan yaitu Ford Ranger memakai bahan bakar solar hasil olahan sampah plastik yang sudah dikumpulkan oleh warga sekitar di Bali,” ucap Ayu kepada Kompas.com, Selasa (24/11/2020).

Ayu mengatakan, nantinya akan dikumpulkan 100 liter solar dari hasil olahan untuk melakukan perjalanan dari Bali sampai Jakarta. Untuk bahan bakarnya, nanti akan dibawa dalam tangki yang diangkut oleh mobil lainnya.

“Jadi ada satu mobil lagi yang menjaga Ford Ranger, untuk membawa solar hasil olahan sampah plastik, jadi support car,” kata Ayu.

Dari perjalanan Bali – Jakarta, Get Plastic juga akan berkunjung ke desa-desa yang sudah ditentukan untuk melakukan penyuluhan sekaligus workshop olah sampah plastik menjadi bahan bakar.

“Desa dampingannya ada di Pacung, SIngaraja. Lalu Desa Cluring, Banyuwangi kemudian menuju Madiun dan terakhir ke Jakarta,” kata dia.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/11/25/100200115/ford-ranger-menjelajah-bali-jakarta-dengan-solar-dari-sampah-plastik

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke