Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Vinales dan Rossi Lontarkan Kritik Pedas pada Yamaha Soal M1

Kompas.com - 23/11/2020, 09:42 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Performa Yamaha di musim ini belum memiliki kesempatan untuk meraih gelar juara dunia. Bahkan, kedua pebalapnya pun sudah pasrah terhadap kemajuan motor, selama musim berjalan, tahun ini.

Meskipun Maverick Vinales sempat meraih satu kemenangan dan Valentino Rossi juga satu podium, tapi lebih banyak performa mereka jauh dari kata kompetitif.

Baca juga: Momen Haru Perpisahan Valentino Rossi dengan Yamaha

Vinales mengatakan, dengan kondisi motor YZR-M1 yang ada sekarang, akan sulit untuk meraih gelar juara dunia atau bahkan kemenangan.

Para pebalap Yamaha mengeluhkan performa M1 2020 yang tidak kompetitif. (Photo by PATRICIA DE MELO MOREIRA / AFP)PATRICIA DE MELO MOREIRA Para pebalap Yamaha mengeluhkan performa M1 2020 yang tidak kompetitif. (Photo by PATRICIA DE MELO MOREIRA / AFP)

"Saya naik ke atas motor, mencoba untuk push, tapi M1 tidak bekerja dengan baik. Tanya Yamaha apa masalahnya. Sejujurnya, saya muak selalu mengulangi hal yang sama terus menerus," ujar Vinales, dikutip dari Kompas.com.

Vinales menambahkan, dirinya tidak suka mencari alasan, tapi percuma juga untuk bicara. Sebab, timnya tidak memiliki solusi yang dibutuhkan.

"Ini tidak mudah bagi saya, meskipun saya mencoba tenang dan berpikir positif," kata Vinales.

Baca juga: Harapan Rossi untuk Petronas Yamaha SRT

Terkait pengembangan M1, musim depan akan dibantu oleh Cal Crutchlow sebagai test rider. Rossi juga mengaku akan tetap membantu, meskipun sudah pindah ke tim satelit Petronas Yamaha.

"Sepertinya saya tetap akan terlibat seperti tahun ini. Tidak akan berubah banyak, tapi kami harus memahami, apakah saya banyak terlibat atau tidak sama sekali," ujar Rossi.

Rossi mengatakan, dia akan membantu sebisa mungkin agar pengalamannya berguna. Dia juga mengaku akan menyampaikan pendapatnya, meskipun masalahnya tetap ada.

"Teknisi Yamaha mendengarkan kami, para pebalap. Tapi mereka (Yamaha) sudah punya ide apa yang ingin mereka lakukan," kata Rossi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com