Performa Layanan Bus, Buy The Service Masih di Bawah 50 Persen

Kompas.com - 19/11/2020, 11:22 WIB
Layanan Teman Bus dengan basis Buy The Service resmi beroperasi di Solo KemenubLayanan Teman Bus dengan basis Buy The Service resmi beroperasi di Solo

JAKARTA, KOMPAS.com – Konsep program layanan transportasi Buy the Service (BTS) oleh Kementerian Perhubungan sudah beroperasi di lima kota besar Indonesia, hingga November 2020. 

Kelima kota ini, adalah Palembang, Solo, Yogyakarta, Bali, dan Medann. Namun, melihat load factor konsumen pada layanan BTS belum mencapai setengah kapasitas.

Dalam Busworld SEA Webinar, Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub, Budi Setiyadi menjabarkan bagaimana performa layanan BTS sampai 15 November 2020 di empat kota yang sudah beroperasi.

“Sampai sekarang, penumpang yang sudah menggunakan BTS di empat kota besar sudah sekitar 1,2 juta penumpang. Kemudian load factor paling besar ada di Solo, 46 persen,” ucap Budi dalam Busworld SEA Webinar, Rabu (18/11/2020).

Baca juga: Dovi Penasaran Suzuki GSX-RR, Bandingkan dengan Ducati

BTS hadir di Medan dengan nama Trans Metro DeliKemenhub BTS hadir di Medan dengan nama Trans Metro Deli

Kemudian di posisi kedua ada di Palembang sebesar 23 persen, lalu di Yogyakarta 21 persen. Sedangkan di Bali masih relatif rendah load factor, karena melihat karakter infrastruktur, masih banyak masyarakat yang tergantung pada sepeda motor.

“Namun kalau nanti pariwisata sudah mulai hidup, saya yakin di Bali akan lebih banyak dibanding kota-kota yang lain,” kata Budi.

Baca juga: Setelah Tesla, LG Chem Siap Tanda Tangan dengan Indonesia

Di Bali sendiri baru dibuka satu koridor pada 6 September 2020, di Solo dua koridor, di Palembang tiga koridor dan di Yogya tiga koridor. Begitu juga yang di Medan, baru satu koridor saja yang diluncurkan, lainnya menyusul.

Budi mengatakan, pada tahun 2021 nanti sudah ada enam kota besar yang akan menggunakan layanan BTS. Kota-kota tersebut diantaranya Kota Bandung, Surabaya, Makassar, Banjarmasin, Banyumas dan Manado.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X