Benarkah Kamper Bisa Menaikkan Nilai Oktan Bensin?

Kompas.com - 17/11/2020, 12:01 WIB
Mengisi bensin sesuai dengan spek kendaraan agar mesin tetap awet KompasOtomotifMengisi bensin sesuai dengan spek kendaraan agar mesin tetap awet
Penulis Ari Purnomo
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Mengganti jenis bahan bakar minyak ( BBM) dengan oktan yang lebih tinggi memang sering dilakukan oleh para pemilik kendaraan.

Selain mengganti jenis bensin, ternyata ada cara lain yang juga dilakukan oleh sebagian pemilik kendaraan agar oktan bahan bakar bisa naik.

Salah satunya adalah dengan menambahkan bahan lain ke dalam tangki bahan bakar kendaraan.

Hanya saja, kadang bahan yang digunakan sebagai campuran dianggap tidak biasa seperti kamper.

Pengharum lemari pakaian ini dianggap memiliki kandungan zat yang bisa meningkatkan Research Octane Number (RON) bensin.

Baca juga: Blokir STNK yang Mati 2 Tahun Segera Diberlakukan

Sehingga, jika bahan ini dicampurkan pada bahan bakar di dalam tangki maka oktan BBM bisa naik dan menjadikannya lebih sempurna dibandingkan sebelumnya.

Benarkah, kamper bisa meningkatkan oktan bensin? Kepala Bengkel Auto 2000 Cilandak Suparna mengatakan, untuk memastikan anggapan tersebut perlu dilakukan pembuktian.

Ilustrasi: Pengendara sepeda motor mengisi bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi ke kendaraannya di Stasiun Pengisian Bahan Bakar untuk Umum (SPBU) 34.10102 di jalan KH. Hasyim Ashari, Jakarta beberapa waktu lalu.
KOMPAS/PRIYOMBODO Ilustrasi: Pengendara sepeda motor mengisi bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi ke kendaraannya di Stasiun Pengisian Bahan Bakar untuk Umum (SPBU) 34.10102 di jalan KH. Hasyim Ashari, Jakarta beberapa waktu lalu.

Sehingga, sebelum ada yang membuktikan apakah benar ada efek tersendiri ketika kamper dicampur bensin maka belum bisa dipastikan kebenarannya.

“Harus ada yang benar-benar melakukan pembuktian sehingga tidak menimbulkan efek negatif,” kata Suparna kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Suparna justru mengatakan, bahwa ketika bensin dicampur dengan bahan lain seperti kapur barus bisa saja menyebabkan efek yang tidak baik.

Baca juga: Blokir STNK Segera Berlaku, Pelajari Regulasinya

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X