Fungsi Kaca Belakang pada Bus, Bukan untuk Akses Visual Saat Mundur

Kompas.com - 17/11/2020, 10:22 WIB
Bus AKAP Garuda Mas Edward Membuat BlogBus AKAP Garuda Mas

JAKARTA, KOMPAS.com – Sama seperti mobil, bus juga memiliki kaca di bagian belakang bodi. Ukurannya pun beragam, berbeda-beda tergantung dari karoseri yang membuatnya.

Jika pada kendaraan kecil, kaca belakang berfungsi sebagai akses visual pengemudi agar bisa melihat ke arah belakang. Namun, berbeda kondisinya di bus. Pengemudi berada jauh di depan, sehingga sulit melihat ke belakang lewat kaca.

Anggota Forum Bismania Indonesia, Dimas Raditya, mengatakan, fungsi dari kaca belakang lebih dirasakan oleh penumpang, bukan pengemudi.

Baca juga: Joan Mir Emosi Disebut Jadi Juara Dunia karena Marquez Absen

Bus AKAP MAxibus XHD PO Putera Mulyafuat cepat selamat Bus AKAP MAxibus XHD PO Putera Mulya

“Kalau di bus yang kursinya sampai belakang, ya bisa untuk melihat ke belakang. Selain itu, ada juga yang di bagian belakangnya dibuat seperti sofa,” ucap Dimas kepada Kompas.com, Senin (16/11/2020).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dimas juga mengatakan, kalau di kabin bagian belakang digunakan untuk smoking room dan toilet, kaca belakang jadi tidak ada fungsinya. Karena fungsinya yang tidak begitu banyak, biasanya kaca belakang ditempeli stiker.

“Stikernya bisa dipasang oleh karoseri atau sendiri. Biasanya bisa pesan juga ingin seperti apa desain stikernya, tetapi nanti akan dikenakan biaya,” kata Dimas.

Baca juga: Cerita Morbidelli Soal Persaingan Sengit dengan Miller di Lap Terakhir

Selain itu, Export Manager Karoseri Laksana, Werry Yulianto, mengatakan, fungsi dari kaca belakang bus yaitu bisa jadi jalan keluar saat terjadi kondisi darurat.

“Fungsi kaca belakang juga bisa sebagai emergency exit bila terjadi kejadian yang tidak diinginkan. Di samping itu juga untuk melihat situasi di luar bagi penumpang bus,” ucap Werry kepada Kompas.com.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.