Alasan Hilangnya Moncong dan Tambahan Jambul di Kepala Truk

Kompas.com - 14/11/2020, 10:41 WIB
Isuzu T Series awansan.comIsuzu T Series

JAKARTA, KOMPAS.com – Kembali ke masa lalu, sering beredar di jalanan, truk yang memiliki desain moncong atau kap mesin ( bonnet). Misalnya sepert Isuzu T series, Toyota Buaya (DA) dan Mercedes Benz Bagong (L Series).

Ketiga truk ini mulai beredar di Indonesia sejak awal tahun 1970an sampai 1980an. Model truk dengan moncong ini juga disebut sebagai nomal control karena posisi mesinnya yang ada di depan kabin.

Selain ada model normal control, ada juga truk dengan jenis cab over engine (COE) atau mesin di bawah kabin. Jenis COE ini dirasa lebih efisien karena mengacu pada panjang maksimum, bak di truk model COE akan lebih besar dibanding normal control.

Baca juga: Menu Mobil Bekas Rp 70 Jutaan di Balai Lelang, Ada Sigra, Calya hingga Avanza

Mobil merek Isuzu yang diproduksi Jepang yang digunakan oleh Dinas Damkar DKI sejak tahun 1969 sampai sekitar tahun 2006.Kompas.com/SHERLY PUSPITA Mobil merek Isuzu yang diproduksi Jepang yang digunakan oleh Dinas Damkar DKI sejak tahun 1969 sampai sekitar tahun 2006.

Aturan panjang maksimal truk sendiri sudah diatur pada PP 55 Tahun 2012 Pasal 54. Panjang maksimal truk tronton 12 meter dan trailer 18 meter.

Jika melihat truk zaman sekarang, jarang sekali ada truk yang memakai bonnet. Paling ada juga tinggal produk pikap seperti Isuzu Panther Pikap, sedangkan mulai dari truk engkel sampai tronton, tidak ada yang memakai bonnet.

Lalu mengapa sekarang bentuk truk tidak lagi memiliki bonnet atau kap mesin?

Baca juga: Memanaskan Mesin Mobil Matik, Posisi Tuas di P Bisa Merusak Transmisi?

Instruktur Project Training Center PT Isuzu Astra Motor Indonesia, Thomas A. Wijanarka mengatakan, pertimbangan truk zaman sekarang tidak memakai bonnet, kembali ke regulasi dari panjang kendaraan.

“Ada regulasi panjang maksimal truk, kalau pakai bonnet, panjang bak jadi seperti terpotong satu sampai dua meter,” ucap Thomas dalam Webinar Basic Truck Bersama Isuzu, Jumat (13/11/2020).

Oleh karena itu, lebih baik tidak memakai bonnet karena bak yang dibuat bisa lebih panjang dan memuat lebih banyak. Jadi bisa dilihat pada truk zaman sekarang, mesin berada di bawah kepala kabin.

Isuzu Elf varian boxIstimewa Isuzu Elf varian box

Selain itu, ada juga aksesoris seperti jambul yang ada di atas kabin truk. Fungsinya sebagai upaya membuat udara yang lewat di atas truk, tidak langsung menabrak box, jadinya akan lebih aerodinamis.

Truk di sini kan boxnya lebih tinggi dari kabin truknya. Agar angin tidak langsung menabrak bagian box, maka dipasanglah aksesoris ini di atas kabin truk,” kata Thomas.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X