Waspada agar Terhindar dari Aksi Begal Saat Berkendara

Kompas.com - 13/11/2020, 10:22 WIB
Ilustrasi jambret THINKSTOCKS/ADRIAN HILMANIlustrasi jambret

JAKARTA, KOMPAS.com – Dalam kondisi pandemi seperti saat ini, tidak sedikit orang yang melakukan tindak kejahatan untuk bisa mendapatkan uang. Aksi begal dan jambret juga kadang masih terjadi akhir-akhir ini, bahkan di sejumlah jalan utama Ibu Kota.

Head of Safety Riding Promotion Wahana, Agus Sani, akan memberikan beberapa tips bagi pengendara motor agar bisa terhindar dari aksi begal atau jambret di jalanan.

“Pertama, usahakan menghafal rute atau jalan yang sering dilalui. Jadi jika ada kondisi darurat, bisa segera mencari bantuan,” ucap Agus kepada Kompas.com, Kamis (12/11/2020).

Baca juga: Eclipse Cross Terbaru Mulai Dipasarkan, Harga Mulai Rp 312 Jutaan

Ilustrasi naik motor malam hariIDNtimes Ilustrasi naik motor malam hari

Kedua, jangan melalui jalan yang sepi dan gelap, apalagi jika daerah tersebut terkenal rawan aksi kejahatan. Jika terpaksa lewat daerah tersebut, sebaiknya menunggu pengendara lainnya agar bisa berbarengan atau konvoi.

Kemudian, menempelkan ponsel di setang motor kerap dilakukan biker. Sebaiknya, jangan dilakukan jika tidak tengah berjalan beriringan dengan pengendara lain. Ponsel bernilai jutaan rupiah bisa jadi pengundang aksi kejahatan karena nilainya yang lumayan.

“Ketiga, jangan menggunakan aksesori atau perhiasan yang mencolok sehingga mengundang kejahatan,” kata Agus.

Keempat, latih keterampilan berkendara agar bisa menghindar jika dipepet oleh motor yang mencurigakan. Terakhir, jika merasa diikuti kendaraan yang mencurigakan, segera berhenti di tempat yang ramai dan aman, tunggu sampai kondisinya kondusif.

Baca juga: Bukan Cuma Rush-Terios, Kia Sonet Juga Incar Konsumen Jazz dan Yaris

Jika telanjur terkena jambret atau begal, harus diingat kalau yang paling penting yaitu keselamatan diri sendiri. Jika kondisi tidak memungkinkan, sebaiknya dilepas tasnya, setelah itu bisa segera minta bantuan orang lain.

“Jika kita mempertahankan barangnya, ada kemungkinan akan terjatuh atau si begal akan nekat dan melukai korban dengan senjata tajam,” kata dia.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X