Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Setelah Bikin Tim, MP1 Juga Ingin Membuka Akademi Balap Motor

Kompas.com - 12/11/2020, 11:42 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Selain bermitra dengan Gresini Racing untuk mengembangkan tim balap di ajang Grand Prix, MP1 punya proyek lain yaitu mendirikan akademi balap motor di Indonesia.

Chief Executive Officer MP1 Rocky Soerapoetra mengatakan, tujuan akademi balap ini ialah menjadi tempat lahirnya para pebalap top, dan bisa lomba di kejuaraan bergengsi dunia.

Baca juga: MRTI Belum Bisa Sebut Tim Luar yang Diajak Kerja Sama

Federal Oil Gresini Racing Moto2Foto: Istimewa Federal Oil Gresini Racing Moto2

"Kita akan mengembangkan racing academy untuk mencari (bibit pebalap) dari Sabang sampai Merauke. Kita sedang mau memulai programnya karena untuk membangun ini jujur kemarin berhenti karena pandemi (Covid-19), jadi setahun ini kita buang waktu banyak sekali," kata Rocky di Jakarta, Rabu (11/11/2020).

Jika tidak ada halangan, Rocky mengatakan, program akademi balap tersebut rencananya akan mulai berjalan tahun depan. 

"Ini juga kita ingin coba melihat kondisi juga, karena ini perlu berpergian melihat pebalap," katanya.

Baca juga: Terkesan Dadakan, Ini Alasan MRTI Ngotot Ikut MotoGP 2021

Rocky mengatakan MP1 serius untuk membuat akademi balap. Saat ini pihaknya sedang mencari tempat yang cocok untuk digunakan sebagai tempat latihan para pebalap.

MP1 menggandeng Gresini Racing sebagai mitra strategis Indonesian Racing KOMPAS.com/Gilang MP1 menggandeng Gresini Racing sebagai mitra strategis Indonesian Racing

"Saya ingin ini (akademi) jadi 'Mekkah.' Tempatnya di mana belum, saya juga belum bisa bilang tapi saya inginnya di Jawa," kata Rocky.

Pembentukan akademi penting untuk penjenjangan berkelanjutan para pebalap. Apalagi Indonesian Racing nanti bakal berlaga di kejuaraan dunia.

"Kami akan mengembangkan akademi pebalap muda untuk mengidentifikasi bakat dan membantu mereka maju melalui tangga menuju MotoGP," kata Managing Director MP1 Ance Dewianti.

"Kami ingin menggunakan kesempatan ini untuk berterima kasih kepada Fausto Gresini atas dukungannya dan berbagi visi kami," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com