Tol Cimanggis-Cibitung Siap Beroperasi Besok, Tarif Masih Gratis

Kompas.com - 09/11/2020, 17:21 WIB
Jalan Tol Cimanggis-Cibitung resmi dibuka 10 November 2020. Jasa MargaJalan Tol Cimanggis-Cibitung resmi dibuka 10 November 2020.
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Sebagai akses masuk dan keluar dari jalan Tol Jagorawi menuju Jalan Tol Cimanggis-Cibitung, Gerbang Tol Cimanggis 4 dan 5 rencananya akan segera beroperasi pada 10 November 2020 pukul 14.00 WIB.

Pengoperasian kedua gerbang tol ini terkait mulai beroperasinya Ruas Tol Cimanggis-Cibitung Seksi 1 Segmen Junction Cimanggis – Jatikarya sepanjang 2,75 km yang dikelola oleh PT Cimanggis Cibitung Tollways (CCT).

Hal ini dilakukan berdasarkan Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat nomor 1540/KPTS/M/2020 tanggal 26 Oktober 2020 tentang Penetapan pengoperasian Jalan Tol Cimanggis-Cibitung seksi 1 (Junction-On/Of Ramp Jatikarya).

Baca juga: Alasan Alex Rins Posisi Ketiga Klasemen Meski Poinnya Sama Quartararo

Tol Cimanggis-CibitungDokumentasi Waskita Toll Road Tol Cimanggis-Cibitung

Jasamarga Metropolitan Tollroad Regional sebagai pengelola Ruas Tol Jagorawi akan mengoperasikan Gerbang Tol (GT) Cimanggis 4 dan 5 sebagai akses penghubung Ruas Cimanggis-Cibitung dengan Ruas Tol Jagorawi.

“GT Cimanggis 4 diperuntukkan bagi pengguna jalan dari arah Jatikarya/Cibubur/Transyogi menuju Jakarta,” ujar Irra Susiyanti, Marketing and Communication Department Head Jasamarga Metropolitan Tollroad, dalam keterangan tertulis (9/11/2020).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Sedangkan GT Cimanggis 5 diperuntukkan bagi pengguna jalan dari arah Jakarta menuju Jatikarya/Cibubur/Transyogi,” katanya.

Baca juga: Diskon Motor Sport 250 cc, Kawasaki Ninja Tembus Rp 10 Juta

Jalan Tol Cimanggis-CibitungJasa Marga Jalan Tol Cimanggis-Cibitung

Pengoperasian GT ini diharapkan dapat menjadi alternatif titik transaksi dan mengantisipasi kepadatan Jalan Alternatif Cibubur bagi pengguna jalan yang berasal/menuju Cibubur, Transyogi, Cileungsi dan sekitarnya.

Irra menambahkan, dengan beroperasinya Gerbang Tol (GT) Cimanggis 4 dan 5 yang menjadi akses baru Cimanggis-Cibitung juga dapat berpotensi membangkitan lalu lintas bagi Ruas Jagorawi.

GT Cimanggis 4 memiliki total 4 gardu operasi yang terdiri dari 2 gardu single untuk golongan 1 non bus dan 2 gardu multi untuk golongan bus dan truk.

Baca juga: Apakah Alex Rins Sengaja Melebar dan Disalip Joan Mir?

Tol Cimanggis-CibitungDokumentasi Waskita Toll Road Tol Cimanggis-Cibitung

Sedangkan GT Cimanggis 5 memiliki total 5 gardu operasi yang terdiri dari 3 gardu single untuk golongan 1 non bus dan 2 gardu multi untuk golongan bus dan truk.

Kedua gerbang tol tersebut akan diberlakukan dengan sistem pembayaran Non Tunai/menggunakan uang elektronik.

Tidak ada perubahan tarif tol Ruas Jagorawi dengan adanya pengoperasian GT Cimanggis 4 dan 5, pengguna jalan tetap menggunakan tarif Tol Ruas Jagorawi saat ini yaitu Gol I Rp 7.000, Gol II & Gol III Rp 11.500, Gol IV & Gol V Rp 16.000.

Sementara selama masa sosialisasi Pengoperasian Ruas Cimanggis-Cibitung pengguna jalan tol saat ini belum dikenakan tarif/gratis pada Ruas Cimanggis-Cibitung tersebut.



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X