Honda CBR250RR Model Lama Bisa Pakai Fitur CBR250RR SP QS

Kompas.com - 09/11/2020, 15:41 WIB
Honda CBR250RR Bravery Red Black Foto: IstimewaHonda CBR250RR Bravery Red Black

JAKARTA, KOMPAS.com – Belum lama ini PT Astra Honda Motor meluncurkan versi terbaru dari CBR250RR yaitu CBR250RR SP Quick Shifter (QS). Secara tampilan memang tidak begitu berbeda, ubahannya lebih ke tenaga, torsi dan fitur yang bertambah.

Salah satu fitur baru yang ada di CBR250RR SP QS ini yaitu hadirnya Assist Slipper Clutch. Assist Clutch bekerja saat motor akselerasi yang membantu mengoptimalkan perpindahan tenaga dengan menghilangkan power loss pada kopling.

Sedangkan Slipper Clutch bekerja saat deselerasi yang mencegah roda belakang selip ketika menurunkan gigi dengan agresif.

Dengan teknologi ini beban clutch spring berkurang, sehingga beban pengoperasian pedal kopling jadi berkurang.

Baca juga: Apakah Alex Rins Sengaja Melebar dan Disalip Joan Mir?

Assist and Slipper Clutch untuk pengoperasian kopling yang lebih ringan.Kawasaki Heavy Industries Assist and Slipper Clutch untuk pengoperasian kopling yang lebih ringan.

Technical Service Function Wahana Makmur Sejati, Main Dealer Honda Jakarta – Tangerang, Wahyu Budhi mengatakan kalau fitur Assist Slipper Clutch bisa dipasang ke generasi CBR250RR tahun 2016.

“Kopling ini (Assist Slipper Clutch) bisa diadaptasi ke CBR250RR tahun 2016. Kecuali bagian laher, semua komponen kopling bisa dipakai ke versi sebelumnya,” ucap Wahyu dalam acara Workshop Online Bedah Teknologi CBR250RR Quick Shifter, Senin (9/11/2020).

Kopling yang menempel ke CBR250RR SP QS juga menggunakan material aluminium pada bagian cam nya. Selain itu jumlah springnya juga lebih sedikit, hanya tiga dari sebelumnya lima. Spring free length juga berkurang, dari 40,2 mm menjadi 35,79 mm.

Baca juga: Hasil MotoGP 2020 GP Eropa, Joan Mir Akhirnya Juara

Selain Assist Slipper Clutch yang bisa dipasang ke model CBR250RR 2016, bagian air intake system juga bisa diadopsi ke model lama. Rancangan air intake yang baru ini meningkatkan asupan udara dengan mengurangi hambatan aliran.

“Secara bentuknya, tidak ada ubahan di bagian luarnya. Jadi bisa memakai model baru yang lebih cembung, tidak rata seperti model tahun 2016,” kata Wahyu.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X