Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tol Cimanggis-Cibitung Siap Beroperasi Besok, Tarif Masih Gratis

JAKARTA, KOMPAS.com – Sebagai akses masuk dan keluar dari jalan Tol Jagorawi menuju Jalan Tol Cimanggis-Cibitung, Gerbang Tol Cimanggis 4 dan 5 rencananya akan segera beroperasi pada 10 November 2020 pukul 14.00 WIB.

Pengoperasian kedua gerbang tol ini terkait mulai beroperasinya Ruas Tol Cimanggis-Cibitung Seksi 1 Segmen Junction Cimanggis – Jatikarya sepanjang 2,75 km yang dikelola oleh PT Cimanggis Cibitung Tollways (CCT).

Hal ini dilakukan berdasarkan Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat nomor 1540/KPTS/M/2020 tanggal 26 Oktober 2020 tentang Penetapan pengoperasian Jalan Tol Cimanggis-Cibitung seksi 1 (Junction-On/Of Ramp Jatikarya).

Jasamarga Metropolitan Tollroad Regional sebagai pengelola Ruas Tol Jagorawi akan mengoperasikan Gerbang Tol (GT) Cimanggis 4 dan 5 sebagai akses penghubung Ruas Cimanggis-Cibitung dengan Ruas Tol Jagorawi.

“GT Cimanggis 4 diperuntukkan bagi pengguna jalan dari arah Jatikarya/Cibubur/Transyogi menuju Jakarta,” ujar Irra Susiyanti, Marketing and Communication Department Head Jasamarga Metropolitan Tollroad, dalam keterangan tertulis (9/11/2020).

“Sedangkan GT Cimanggis 5 diperuntukkan bagi pengguna jalan dari arah Jakarta menuju Jatikarya/Cibubur/Transyogi,” katanya.

Pengoperasian GT ini diharapkan dapat menjadi alternatif titik transaksi dan mengantisipasi kepadatan Jalan Alternatif Cibubur bagi pengguna jalan yang berasal/menuju Cibubur, Transyogi, Cileungsi dan sekitarnya.

Irra menambahkan, dengan beroperasinya Gerbang Tol (GT) Cimanggis 4 dan 5 yang menjadi akses baru Cimanggis-Cibitung juga dapat berpotensi membangkitan lalu lintas bagi Ruas Jagorawi.

GT Cimanggis 4 memiliki total 4 gardu operasi yang terdiri dari 2 gardu single untuk golongan 1 non bus dan 2 gardu multi untuk golongan bus dan truk.

Sedangkan GT Cimanggis 5 memiliki total 5 gardu operasi yang terdiri dari 3 gardu single untuk golongan 1 non bus dan 2 gardu multi untuk golongan bus dan truk.

Kedua gerbang tol tersebut akan diberlakukan dengan sistem pembayaran Non Tunai/menggunakan uang elektronik.

Tidak ada perubahan tarif tol Ruas Jagorawi dengan adanya pengoperasian GT Cimanggis 4 dan 5, pengguna jalan tetap menggunakan tarif Tol Ruas Jagorawi saat ini yaitu Gol I Rp 7.000, Gol II & Gol III Rp 11.500, Gol IV & Gol V Rp 16.000.

Sementara selama masa sosialisasi Pengoperasian Ruas Cimanggis-Cibitung pengguna jalan tol saat ini belum dikenakan tarif/gratis pada Ruas Cimanggis-Cibitung tersebut.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/11/09/172100515/tol-cimanggis-cibitung-siap-beroperasi-besok-tarif-masih-gratis

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke