Begini Skenario Joan Mir Bisa Raih Juara Dunia di MotoGP Valencia

Kompas.com - 09/11/2020, 14:21 WIB
Joan Mir saat berlaga di MotoGP Le Mans. (Photo by JEAN-FRANCOIS MONIER / AFP) JEAN-FRANCOIS MONIERJoan Mir saat berlaga di MotoGP Le Mans. (Photo by JEAN-FRANCOIS MONIER / AFP)
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Usai menjadi juara di MotoGP Eropa, Joan Mir kokoh di puncak klasemen sementara MotoGP 2020. Tambahan 25 poin, membuatnya berada di urutan teratas dengan total 162 poin.

Mir saat ini unggul 37 poin dari dua pesaing terdekatnya, yaitu Alex Rins rekan setimnya dan Fabio Quartararo pebalap Petronas Yamaha.

Ajang MotoGP musim ini pun tinggal menyisakan dua seri, yakni MotoGP Valencia pada 15 November mendatang dan MotoGP Portugal pada 22 November 2020.

Baca juga: Hasil Klasemen MotoGP 2020, Posisi Joan Mir Makin Aman

Pebalap Suzuki Ecstar, Joan Mir, merayakan podium juara pada seri MotoGP Eropa di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, Minggu (8/11/2020) malam WIB.AFP/JOSE JORDAN Pebalap Suzuki Ecstar, Joan Mir, merayakan podium juara pada seri MotoGP Eropa di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, Minggu (8/11/2020) malam WIB.

Pada seri pekan depan, Mir bisa mengunci gelar juara asalkan mampu finis di posisi pertama atau kedua, entah Rins dan Quartararo finis berapa.

Jika poin Rins bertambah 25 poin jadi 187 poin usai MotoGP Valencia mendatang, Rins atau Quartararo tak akan mampu mengejar angka tersebut sampai balap terakhir di MotoGP Portugal.

Sementara itu, jika pada balap mendatang yang menjadi juara adalah Rins atau Quartararo, dan salah satunya mengoleksi 150 poin. Artinya, Mir cukup finis di tempat ketiga karena dia sudah mendapatkan 178 poin.

Baca juga: Alasan Alex Rins Posisi Ketiga Klasemen Meski Poinnya Sama Quartararo

Joan Mir saat berlaga di MotoGP Emilia Romagna@joanmir36official Joan Mir saat berlaga di MotoGP Emilia Romagna

Lain halnya jika Maverick Vinales yang menang dan mendapat 146 poin, Mir bahkan hanya perlu finis di tempat kelima untuk mengunci gelarnya.

Dengan performa yang sedang on fire, rasanya akan mudah bagi Mir meraih podium di MotoGP Valencia 2020.

Apalagi dalam tujuh balapan terakhir, Mir hanya sekali gagal podium, tepatnya pada MotoGP Perancis yang dihelat 11 Oktober lalu.

Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X