Yamaha Rancang Motor dengan Turbocharger

Kompas.com - 09/11/2020, 14:01 WIB
Yamaha sedang mengembangkan mesin dengan induksi turbocharger. Foto: CycleworldYamaha sedang mengembangkan mesin dengan induksi turbocharger.
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Yamaha sedang mengembangkan mesin dengan induksi turbocharger. Bocor gambar paten dari Jepang bahwa pabrikan tampak mulai serius mengembangkan mesin turbo.

Mesin yang dipakai ialah mesin 847cc 3-silinder segaris yang tampak serupa dengan MT-09. Meski demikian ada perbedaan spesifikasi pada ''jeroannya" tidak sama persis dan hanya ditempel turbo.

Sebelumnya Yamaha juga pernah mengajukan paten mesin turbo tapi 2-silinder segaris. Tapi sampai kini juga belum ada kelanjutan atau spesifikasi lain yang bocor.

Mesin turbo 3-silinder ini disebut punya stroke yang lebih panjang dengan piston lebih kecil ketimbang MT-09. Selain itu mesinnya lebih ramah lingkungan, sebab menekan pengurangan karbon monoksida.

Baca juga: Biar Seragam, Baterai Motor Listrik Wajib SNI

Yamaha sedang mengembangkan mesin dengan induksi turbocharger.Foto: Cycleworld Yamaha sedang mengembangkan mesin dengan induksi turbocharger.

Yamaha mengubah waktu buka tutup klep. Pabrikan asal Iwata, Jepang itu juga mengembangkan agar tidak terjadi turbo lag yang selama ini kerap dipermasalahkan mesin-mesin dengan turbo.

Belum ada spesifikasi lanjutan mengenai mesin turbo Yamaha. Tapi ditengarai paten ini bukan cuma sekadar gambar semata, sebab melihat tren yang ada sangat mungkin dikembangkan Yamaha.

Baca juga: Tanpa Mesin Bakar, Servis Berkala Mobil Listrik Seperti Apa?

Meski demikian, seperti diketahui paten bukan patokan bahwa pabrikan akan segera melahirkan produk tertentu. Paten lebih kepada upaya melindungi kekayaan intelektual seperti ide dan teknologi.

Cycleword percaya Yamaha serius dengan mesin 3-silinder turbo. Meski diketahui masih butuh waktu jika benar bakal masuk jalur produksi. Contohnya ialah Kawasaki yang sudah sibuk lima tahun sebelum Kawasaki H2 resmi meluncur.



Sumber cycleworld
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X