Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Honda CBR250RR Model Lama Bisa Pakai Fitur CBR250RR SP QS

JAKARTA, KOMPAS.com – Belum lama ini PT Astra Honda Motor meluncurkan versi terbaru dari CBR250RR yaitu CBR250RR SP Quick Shifter (QS). Secara tampilan memang tidak begitu berbeda, ubahannya lebih ke tenaga, torsi dan fitur yang bertambah.

Salah satu fitur baru yang ada di CBR250RR SP QS ini yaitu hadirnya Assist Slipper Clutch. Assist Clutch bekerja saat motor akselerasi yang membantu mengoptimalkan perpindahan tenaga dengan menghilangkan power loss pada kopling.

Sedangkan Slipper Clutch bekerja saat deselerasi yang mencegah roda belakang selip ketika menurunkan gigi dengan agresif.

Dengan teknologi ini beban clutch spring berkurang, sehingga beban pengoperasian pedal kopling jadi berkurang.

Technical Service Function Wahana Makmur Sejati, Main Dealer Honda Jakarta – Tangerang, Wahyu Budhi mengatakan kalau fitur Assist Slipper Clutch bisa dipasang ke generasi CBR250RR tahun 2016.

“Kopling ini (Assist Slipper Clutch) bisa diadaptasi ke CBR250RR tahun 2016. Kecuali bagian laher, semua komponen kopling bisa dipakai ke versi sebelumnya,” ucap Wahyu dalam acara Workshop Online Bedah Teknologi CBR250RR Quick Shifter, Senin (9/11/2020).

Kopling yang menempel ke CBR250RR SP QS juga menggunakan material aluminium pada bagian cam nya. Selain itu jumlah springnya juga lebih sedikit, hanya tiga dari sebelumnya lima. Spring free length juga berkurang, dari 40,2 mm menjadi 35,79 mm.

Selain Assist Slipper Clutch yang bisa dipasang ke model CBR250RR 2016, bagian air intake system juga bisa diadopsi ke model lama. Rancangan air intake yang baru ini meningkatkan asupan udara dengan mengurangi hambatan aliran.

“Secara bentuknya, tidak ada ubahan di bagian luarnya. Jadi bisa memakai model baru yang lebih cembung, tidak rata seperti model tahun 2016,” kata Wahyu.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/11/09/154100815/honda-cbr250rr-model-lama-bisa-pakai-fitur-cbr250rr-sp-qs

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke