Kompas.com - 03/11/2020, 10:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.comHandgrip motor merupakan komponen yang bisa diganti dan relatif mudah, juga murah. Biasanya hal ini dilakukan seiring dengan memodifikasi motornya, agar mendukung penampilan motor sesuai konsep modifikasi.

Secara materialnya, handgrip motor terbagi menjadi dua, ada yang dari karet dan juga dari metal atau besi. Namun demi menunjang kenyamanan saat berkendara, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat mengganti handgrip motor.

Head of Safety Riding Promotion Wahana, Agus Sani mengatakan, pilih hand grip yang tidak licin saat kondisi basah dan cari juga yang terasa nyaman.

Baca juga: Menu Mobil Bekas Rp 80 Jutaan per November, Ada Sigra, Calya, sampai BMW

Produk aksesori handgrip merek 7egen yang disediakan toko JDM Project Kalimalang. Ghulam/Otomania Produk aksesori handgrip merek 7egen yang disediakan toko JDM Project Kalimalang.

“Yang biasanya licin saat basah yaitu dari bahan metal namun tidak bergerigi, motifnya hanya garis-garis tipis. Jika tidak memakai sarung tangan ketika hujan, jadi agak licin digenggam,” ucap Agus kepada Kompas.com, Senin (2/11/2020).

Agus mengatakan, model handgrip yang bergerigi dan terbuat dari metal biasanya membuat tangan jadi kurang nyaman. Apalagi jika bagian geriginya seperti segitiga polanya, jika motor kena hentakan lubang, tangan jadi sakit.

Baca juga: Harga SUV Ladder Frame Bekas, Ford Everest Lebih Murah dari Fortuner

“Kalau yang bahan karet masih aman, fleksibel ketika ditekan. Bahkan jika menggunakan sarung tangan, akan semakin lengket digenggam,” kata Agus.

Namun kekurangan dari handgrip karet ini yaitu jika tidak pas ukurannya, jadi mudah lepas atau kendur. Jadi dari dua bahan ini, bisa memilih mana yang akan dipasang ke motor kesayangan. Mau yang keren dari metal atau nyaman dari karet.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.