Kompas.com - 01/11/2020, 09:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Peugeot 3008 dan 5008 SUV memiliki fitur Advanced Grip Control. Fitur ini dapat mengatur kendaraan untuk beradaptasi sesuai dengan kondisi jalan.

Fitur Advanced Grip Control ini punya lima pilihan mode, yakni Snow, Mud, Sand, Normal, dan ESP OFF yang didesain untuk melakui berbagai kondisi jalan dan kontur.

Samsudin, National Technical Advisor dari Astra Peugeot, mengatakan, mungkin sebagian orang menganggap fitur Snow Mode tidak terpakai karena aslinya untuk jalanan bersalju.

Tapi sebetulnya kata dia, fitur Snow Mode tetap bisa berguna untuk jalanan Indonesia yang tropis terutama di jalanan licin akibat hujan dan lainnya.

Baca juga: Mobil Bekas Rp 90 Jutaan di Balai Lelang, Ada Ertiga, Avanza sampai CR-V

Fitur Snow Mode Peugeot 300 dan 5008 SUV Foto: Istimewa Fitur Snow Mode Peugeot 300 dan 5008 SUV

 "Fitur ini memberikan kemampuan mobil untuk beradaptasi dengan kekuatan cengkeraman dari setiap rodanya. Di Indonesia fitur ini berguna saat melalui kondisi jalan yang sangat terjal dan curam," katanya dalam keterangan resmi, Jumat (30/10/2020).

Samsudin mengatakan, fitur Snow Mode bekerja dengan menggerakan mobil dari kondisi statis dengan cara mengoptimisasi putaran roda agar dapat berakselerasi maksimal berdasarkan traksi yang ada.

Baca juga: Arus Balik Libur Panjang Bakal Terjadi Mulai Besok

Pun demikian dengan Mud Mode, fitur untuk kondisi jalan berlumpur ini memberikan akses bagi roda dengan traksi yang paling rendah. Memberikan putaran roda berlimpah dari kondisi statis.

"Umumnya, terjadi di jalanan berlumpur. Hal ini lebih mudah karena putaran roda secara cepat pada roda bertraksi rendah tersebut membantu membuang lumpur sehingga mendapatkan traksi maksimal," katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.