Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Arus Balik Libur Panjang Bakal Terjadi Mulai Besok

Kompas.com - 30/10/2020, 14:41 WIB
Stanly Ravel,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebanyak 336.929 kendaraan meninggalkan Jakarta dalam dua hari (27-28/10/2020) pada libur panjang Maulid Nabi Muhammad SAW. Jumlah tersebut diambil dari perhitungan kumulatif beberapa gerbang tol utama yang menjadi akses keluar Ibu Kota.

Tingginya volume lalu lintas saat arus liburan panjang tersebut sekaligus menjadi barometer bila saat arus balik nanti, volume kendaraan juga akan membeludak.

Kabagops Korlantas Polri Kombes Rudi Antariksawan memprediksi bahwa lalu lintas arus balik libur panjang diprediksi akan mulai terjadi pada Sabtu (31/10/2020) sampai Minggu (1/11/2020).

Baca juga: Persiapan Arus Balik, Kendaraan Niaga Dilarang Masuk Tol Japek

"Persiapan mengantisipasi pada arus balik. Antisipasi arus balik diprediksi akan terjadi hari Sabtu–Minggu," kata Rudi yang dikutip dari NTMC Polri, Kamis (29/10/2020).

Lebih lanjut, Rudi mengatakan, Korlantas Polri juga akan melakukan pantauan kondisi arus lalu lintas, terutama pada jalur rawan macet melalui CCTV yang berada di pos pengamanan, termasuk memastikan kondisi kesehatan personel yang bertugas di lapangan.

Hari kedua libur panjang, Rabu (29/10/2020) tol Jakarta-Cikampek terpantau padat.KOMPAS.COM/FARIDA Hari kedua libur panjang, Rabu (29/10/2020) tol Jakarta-Cikampek terpantau padat.

Berdasarkan pantauan H+3 libur panjang, arus kendaraan yang melintasi GT Palimanan terpantau ramai lancar. Hingga saat ini, diklaim tidak ada kepadatan arus kendaraan yang signifikan.

"Untuk situasi arus lalu lintas dua arah sudah mulai menurun karena telah memasuki hari ketiga," kata Rudi.

Sebelumnya, Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Budi Setiyadi juga sudah memprediksi lalu lintas arus balik akan terjadi mulai 31 Oktober 2020. Bahkan, dikhawatirkan bakal ada penumpukan karena terkait waktu yang lebih pendek.

Baca juga: Libur Panjang Marak Tabrakan Beruntun, Ingat Teori 3 Detik

"Kalau untuk balik ini akan banyak di Sabtu-Minggu, kami juga antisipasi kepadatan karena dikhawatirkan banyak yang balik di hari Minggu untuk mengejar aktivitas kembali di hari Senin," ujar Budi beberapa hari lalu.

Sejumlah kendaraan melaju di tol Jakarta - Cikampek menuju Gerbang Tol Cikampek Utama di Karawang, Jawa Barat, Kamis (23/4/2020). Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya mencatat kenaikan volume arus kendaraan keluar dari Jakarta melalui Pintu Tol Cikampek Utama sebanyak 7.044 kendaraan atau 27 persen jelang pemberlakuan kebijakan larangan mudik mulai Jumat 24 April pukul 00.01 WIB.ANTARA FOTO/MUHAMAD IBNU CHAZAR Sejumlah kendaraan melaju di tol Jakarta - Cikampek menuju Gerbang Tol Cikampek Utama di Karawang, Jawa Barat, Kamis (23/4/2020). Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya mencatat kenaikan volume arus kendaraan keluar dari Jakarta melalui Pintu Tol Cikampek Utama sebanyak 7.044 kendaraan atau 27 persen jelang pemberlakuan kebijakan larangan mudik mulai Jumat 24 April pukul 00.01 WIB.

"Baiknya dicari waktu yang tepat, hindari tanggal-tanggal prediksi kepadatan agar lebih nyaman dalam perjalanan, protokol kesehatan tetap dijaga," kata dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com