Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jumlah Kecelakaan Lalu Lintas di Jakarta Selama Libur Panjang Diklaim Turun

Kompas.com - 30/10/2020, 18:02 WIB
Ruly Kurniawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya mencatat angka kecelakaan lalu lintas di DKI Jakarta selama libur panjang pekan ini, 26-30 Oktober 2020 mengalami penurunan.

Hal ini seiring dengan arus lalu lintas wilayah Ibu Kota yang lancar karena banyaknya warga yang melakukan perjalanan ke luar kota dalam memanfaatkan libur Maulid Nabi Muhammad SAW dan cuti bersama.

“Angka kecelakaan (selama libur panjang) alhamdulillah turun,” kata Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo dalam keterangan tertulis, Jumat (30/10/2020).

Baca juga: 3 Hari Libur Panjang, 509.140 Kendaraan Tinggalkan Jakarta

Lalu lintas kendaraan di Tol Dalam Kota Jakarta tampak padat pada jam pulang kerja di hari ketiga pemberlakuan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) tahap dua, Rabu (16/9/2020). Pembatasan kendaraan bermotor melalui skema ganjil genap di berbagai ruas Ibu Kota resmi dicabut selama PSBB tahap dua.KOMPAS.com / KRISTIANTO PURNOMO Lalu lintas kendaraan di Tol Dalam Kota Jakarta tampak padat pada jam pulang kerja di hari ketiga pemberlakuan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) tahap dua, Rabu (16/9/2020). Pembatasan kendaraan bermotor melalui skema ganjil genap di berbagai ruas Ibu Kota resmi dicabut selama PSBB tahap dua.

“Untuk angka pastinya nanti kita sampaikan karena saat ini masih menunggu laporandari anggota di lapangan,” ucap dia.

Selama liburan, Polisi melakukan berbagai skenario dan rekayasa lalu lintas untuk mengantisipasi kepadatan volume kendaraan bermotor. Untuk persiapan arus balik, Polda Metro Jaya akan berkoordinasi dengan Polda Jawa Barat dalam pemantauan lalin.

Baca juga: Perseteruan Fortuner Vs Vitara di Cibubur, Ingat Cara Redam Emosi

“Ya untuk arus balik kita perkirakan sudah mulai ada peningkatan hari Sabtu dan Minggu kita akan berjaga dan berkoordinasi dengan Polda Jawa Barat untuk memantau apakah peningkatan jumlah arus yang masuk Gerbang Tol Cikampek Utama dan Gerbang Tol Kalihurip Utama,” kata Sambodo.

“Artinya kendaraan-kendaraan dari arah Bandung dan daerah Palimanan dari arah Jawa Tengah jika memang sudah terjadi peningkatan kita perkirakan setengah jam sudah masuk wilayah Polda Metro Jaya untuk kita lakukan upaya-upaya,” kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com