Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

6 Hal Wajib Dilakukan Usai Berlibur Pakai Mobil Pribadi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebelum melakukan perjalanan dalam rangka libur panjang bersama keluarga naik mobil pribadi, persiapan kendaraan mutlak dilakukan. Kini, setelah liburan berakhir dan mobil kembali ke rumah, pemeriksaan kendaraan juga wajib dilakukan, demi performa yang terjaga.

Kepala Bengkel Auto2000 Cilandak Suparna, coba memberikan pesan penting kepada para pemilik kendaraan yang kelar berlibur dengan mobilnya. Setidaknya ada enam hal yang perlu diperhatikan, apa saja?

Pertama, perjalanan jarak jauh dengan kondisi jalan macet panjang membuat kerja mesin jadi lebih berat. Karenanya pastikan kondisi seluruh mekanisme terkait kerja mesin tidak ada yang bermasalah.

Kedua, perjalanan jauh macet dengan beragam debu yang menempel pada mobil menyebabkan sebagian komponen perlu dicek dan dibersihkan untuk menjaga perfoma mesin. Seperti saringan udara, busi, kondisi oli mesin, sistem pendingin, charging system, dan lainnya.

Ketiga, kerja pengereman yang cenderung berat saat perjalanan jauh dan macet, membuatnya perlu dicek kembali. Ini sangat penting, demi memastikan rem dalam keadaan baik dan bekerja sempurna ketika digunakan kembali sehari-hari.

Keempat, lakukan wheel aligment atau penyetelan roda-roda mobil, untuk memastikan kestabilan kendaraan.

“Mengingat perjalanan jauh, tentunya menghadapi berbagai kondisi jalanan rusak atau lubang jadi perlu untuk melakukan hal ini,” kata Suparna.

Kelima, periksa juga sistem kopling untuk mobil manual, demi menjamin perfomanya masih baik.

Terakhir, mobil yang habis di ajak pergi jalan-jalan, perlu juga dilakukan pengecekan pada bagian kaki-kaki atau suspensi. Dengan begitu kendaraan akan siap untuk digunakan kembali dengan perfoma yang maksimal.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/10/31/092200415/6-hal-wajib-dilakukan-usai-berlibur-pakai-mobil-pribadi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke