Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bisakah Tampang Xpander Biasa Dimodifikasi Jadi Black Edition?

Kompas.com - 23/10/2020, 16:01 WIB
Stanly Ravel,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Jelang akhir tahun, PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) resmi meluncurkan dua Xpander edisi terbatasas, yakni Xpander Black Edition dan Xpander Cross Rockford Fosgate Black Edition.

Dari segi tampilan, keduanya hadir dengan tongkrongan yang lebih sporty dibandingkan versi biasa. Melalui penyematan body kit baru, Xpander Black Edition makin terlihat agresif, sementara Xpander Cross makin mewah dengan sentuhan serba hitam dan audio premium.

Tak hanya itu, untuk memberikan kesan eksklusif keduanya juga diniagakan dengan jumlah yang terbatas, yakni 1.500 unit. Namun memang dari segi harga, keduanya lebih mahal dari versi standarnya.

Baca juga: Cuma 1.000 Unit, Ini Detail Mitsubishi Xpander Black Edition

Mitsubishi Xpander Black Edition hadir dalam dua varian transmisi yakni manual dan AT. Mitsubishi menawarkan dua pilihan warna yakni quartz white pearl dan jet black mica. Xpander Black Edition dibanderol Rp 257,1 juta untuk transmisi manual dan Rp 267,5 juta untuk varian AT
APHIT McKlein Mitsubishi Xpander Black Edition hadir dalam dua varian transmisi yakni manual dan AT. Mitsubishi menawarkan dua pilihan warna yakni quartz white pearl dan jet black mica. Xpander Black Edition dibanderol Rp 257,1 juta untuk transmisi manual dan Rp 267,5 juta untuk varian AT

Lantaran itu, timbul pertanyaan apakah MMKSI akan menjual part body kit Xpander edisi serba hitam tersebut secara terpisah, dan apakah body kit itu bisa digunakan oleh Xpander biasa, termasuk untuk Xpander Cross.

Menjawab pertanyaan tersebut, Direktur Aftersales PT MMKSI Eichiro Hamazaki mengatakan, bila Mitsubishi memang akan memproduksi aksesori dari Xpander Black Edition dan Xpander Cross Rockford Fosgate Black Edition, namun tidak dijual untuk unit standarnya.

"Xpander Black Edition dan Xpander Cross Rockford Fosgate Black Edition dikembangkan dari model Xpander dan Xpander Cross, jadi tentu saja parts dan aksesorisnya dapat di pasang pada model tersebut," ujar Eichiro kepada Kompas.com, Jumat (23/10/2020).

"Namun, pemilik Xpander dan Xpander Cross (biasa) tidak dapat membeli parts eksklusif dan body kit dari kedua varian terbatas Black Edition tersebut secara terpisah, karena keduanya merupakan edisi spesial," kata dia.

Mitsubishi Xpander Cross Rockford Fosgate Black Edition. Hadir dengan head unit Rockford Fosgate dengan subwoofer dan amplifier. Ditawarkan satu transmisi otomatik dengan dua pilihan warna putih dan abu abu metalik. Dibadnerol Rp 304,7 jutaAPHIT McKlein Mitsubishi Xpander Cross Rockford Fosgate Black Edition. Hadir dengan head unit Rockford Fosgate dengan subwoofer dan amplifier. Ditawarkan satu transmisi otomatik dengan dua pilihan warna putih dan abu abu metalik. Dibadnerol Rp 304,7 juta

Dengan pernyataan tersebut, meski versi standar bisa dimodifikasi ala Black Edition, namun sayang MMKSI tak memeasarkan secara umum. Artinya, akeseoris resmi Black Edition memang dipasarkan hanya untuk versi terbatas tersebut.

Baca juga: Cicilan Xpander Black Edition Mulai Rp 4 Jutaan, DP Rp 100 Jutaan

Seperti diketahui, Xpander Black Edition dibangun dari varian Exceed yang merupakan versi menengah dari Xpander. Karena itu, untuk model ini tersedia dalam pilihan transmisi matik dan manual.

Mitsubishi Xpander Black EditionMMKSI Mitsubishi Xpander Black Edition

Untuk harganya dipasarkan sebesar Rp 257,1 juta untuk manual, dan Rp 267,5 juta untuk transmisi otomatis. Sementara untuk Xpander Cross Rockford Fosgate Black Edition, dengan beberapa sentuhan baru di eksterior dan interior, serta penyematan audio premium, dijual dengan harga Rp 304,7 juta on the road Jakarta.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com