Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Benar Saat Mobil Transmisi Matik Mogok Tak Boleh Didorong?

Kompas.com - 23/10/2020, 12:01 WIB
Ruly Kurniawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Beberapa perilaku yang dilakukan pada mobil bertransmisi otomatis (matik) kerap berbeda dengan yang konvensional alias manual. Satu diantaranya terkait tata cara penanganan ketika mogok.

Pada mobil matik, terdapat pompa hidrolik yang akan hanya aktif berkerja untuk menyemburkan oli saat mobil hidup. Arinya, ketika mobil dalam keadaan mati atau mogok, komponen seperti transmisi tidak akan dilumasi oleh oli.

"Sehingga, bila roda penggerak mobil matik jalan yang mana transmisinya juga otomatis berputar (karena diderek atau ada dorongan), maka bakal mengakibatkan kerusakan," ujar Service Part Division Head PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Anjar Rosjadi kepada Kompas.com belum lama ini.

Baca juga: Perhatikan Angka Kilometer Saat Beli Motor Bekas

Komponen power steering hidrolik.Ghulam/Otomania Komponen power steering hidrolik.

Meski demikian, lanjut Anjar, bukan berarti mobil dengan transmisi otomatis benar-benar tidak bisa didorong ketika mogok.

Mobil matik tetap bisa didorong, tetapi harus memperhatikan beberapa hal agar tidak merusak komponen lainnya seperti mengangkat seluruh roda penggerak.

“Tata cara yang benar untuk dorong atau derek mobil matik itu ialah, ban roda penggerak harus terangkat. Towing ke bengkel resmi terdekat,” ucap dia.

Secara terpisah, Kepala Bengkel Auto 2000 Suparna mengatakan, saat mobil matik mogok sebaiknya langsung memanggil teknisi yang ahli. Bila mobil ditowing, maka laporkan kepada teknisi agar dilakukan pengecekan kembali.

Baca juga: Kemenhub Batasi Operasional Angkutan Barang Saat Libur Panjang

Tampak petugas dan warga tengah membantu mendorong serta mengganjal kendaraan pemudik yang mogok di jalur tanjakan Kamojang-Ibun.Foto Humas Polda Jabar Tampak petugas dan warga tengah membantu mendorong serta mengganjal kendaraan pemudik yang mogok di jalur tanjakan Kamojang-Ibun.

“Jangan pernah mendorong mobil matik sekalipun dalam keadaan terpaksa. Karena dengan mendorong mobil matik, komponen-komponen mesin atau transmisi akan mengalami shock sehingga mempercepat kerusakan, terutama pada komponen drive train,” katanya.

Apalagi, lanjut Suparna, mencoba menghidupkan mesin mobil matik dengan cara didorong layaknya mobil manual. Selain sulit untuk dilakukan, cara tersebut juga akan menyebabkan kerusakan pada komponen-komponen transmisi matik.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com