Habis Dipakai Jas Hujan, Idealnya Jangan Langsung Dilipat Taruh Bagasi

Kompas.com - 23/10/2020, 10:22 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com - Penghujung tahun Indonesia memasuki musim penghujan. Bagi pengendara sepeda motor sebaiknya sedia jas hujan atau rain coat sebagai perlindungan di jalan raya.

Alexander Reyner, pemilik toko perlengkapan berkendara motor, RC Motogarage mengatakan, setelah jas hujan dipakai jemur terlebih dulu jangan langsung dilipat dan dimasukkan ke bagasi.

Baca juga: Beli Motor Bekas, Waspada Komponen yang Rawan Dikanibal

"Kalau habis dipakai didiamkan dulu untuk memastikan jas hujan kering. Jangan belum kering langsung dilipat dan ditaruh di bagasi motor," kata Reyner kepada Kompas.com, belum lama ini.

Givi RRS01, terbuat dari material nylon 190T PVC with dengan tingkat ketahanan air sampai 5000 mm.GIVI Indonesia Givi RRS01, terbuat dari material nylon 190T PVC with dengan tingkat ketahanan air sampai 5000 mm.

Ada dua alasan mengapa jangan melipat jas hujan sebelum kering. Pertama yaitu bisa menimbulkan jamur dan membuat permukaan jas hujan licin, dan kedua membuat rain coat mudah sobek.

"Jangan langsung ditaruh di tempat yang punya suhu panas karena membuat bahannya jadi getas," kata Reyner.

Baca juga: Begini Cara Mudah Memastikan Keaslian BPKB

Khusus untuk jas hujan dengan material polyester dan gore tech perawatannya disebut lebih sulit. Sehabis kehujanan maka sebaiknya dibilas dulu dengan air untuk menghilangkan kotoran.

"Kalau kotor jangan dicuci pakai sabun. Kalau mau pakai sabun, pakai yang khusus buat gore tech atau waterprof. Kalau enggak mau beli, cukup basuh pakai air hangat dan lap bersih," katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.