Armada Baru Suroboyo Bus, Pakai Bus Seperti di Eropa

Kompas.com - 22/10/2020, 16:39 WIB
Suroboyo Bus IstimewaSuroboyo Bus

JAKARTA, KOMPAS.comSuroboyo Bus, bus kota di Surabaya menambah armada barunya untuk bus perkotaan. Ada delapan bus baru yang baru saja selesai dibuat karoseri Laksana di Ungaran.

Export Manager karoseri Laksana, Werry Yulianto mengatakan, bodi yang digunakan yaitu tipe low entry, sehingga memudahkan akses masuk bagi penumpang dan ramah difabel.

“Busnya pakai bodi Cityline 3 di atas sasis Scania K250UB yang dibuat khusus untuk bus-bus perkotaan. Untuk kabinnya, disediakan tempat duduk sebanyak 40 kursi, sisanya berdiri,” kata Werry kepada Kompas.com, Kamis (22/10/2020).

Baca juga: Indonesia Akan Bentuk Tim Moto2, Butuh Biaya Minimal Rp 45 Miliar

Suroboyo Bus diparkir di halaman Balai Kota SurabayaDok. Pemkot Surabaya Suroboyo Bus diparkir di halaman Balai Kota Surabaya

Scania K250UB menggunakan mesin diesel 9.000 cc yang menghasilkan 250 TK. Untuk menunjang kenyamanan, sasis ini menggunakan transmisi otomatis dan sudah menggunakan suspensi udara.

Untuk bagian eksteriornya, Suroboyo Bus memiliki warna merah dengan livery grafis putih. Dimensi dari bus perkotaan ini yaitu tinggi 3,7 meter, lebar 2,5 meter dan panjang 12 meter. Keunikan dari bus ini juga ada di bagian atapnya.

“Atap dibuat lebih melengkung, sesuai permintaan khusus untuk memberikan kesan maskulin pada bus, jadi mirip dengan yang ada di luar negeri. Pada bagian depan juga ada rak sepeda yang dicat kuning,” ucap Werry.

Baca juga: Rossi Rela Korbankan Tim Moto3 Demi Adik Bisa ke MotoGP

Armada Suroboyo Bus terparkir di halaman Balai Kota Surabaya, Jumat (4/1/2019). Tambahan 10 armada Suroboyo Bus ini akan dioperasikan minggu ini.Dok. Pemkot Surabaya Armada Suroboyo Bus terparkir di halaman Balai Kota Surabaya, Jumat (4/1/2019). Tambahan 10 armada Suroboyo Bus ini akan dioperasikan minggu ini.

Werry mengatakan, rak tersebut bisa untuk menyimpan dua unit sepeda. Selain menunjang penumpang yang gemar pesepeda, Suroboyo Bus juga bisa dikatakan ramah lingkungan. Untuk naik Suroboyo Bus, penumpang tidak dikenakan tarif, namun penumpang diharuskan membawa botol plastik.

Dilansir dari Kompas Regional, Botol plastik yang dikumpulkan bisa berupa tiga botol plastik besar ukuran 1.500 militer, lima botol plastik sedang ukuran 600 mililiter, atau 10 gelas plastik ukuran 240 mililiter.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X