Mulai Musim Hujan, Ini 4 Komponen Mobil yang Wajib Dicek

Kompas.com - 22/10/2020, 12:22 WIB
Ilustrasi berkendara diguyur hujan. IstimewaIlustrasi berkendara diguyur hujan.
Penulis Ari Purnomo
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemeriksaan terhadap komponen mobil sebaiknya selalu dilakukan secara rutin. Hal ini untuk menjaga agar kondisi setiap bagiannya tetap terjaga serta menghindari terjadinya kerusakan yang tidak diketahui oleh pemilik kendaraan.

Terlebih, saat memasuki musim hujan seperti sekarang ini maka kondisi kendaraan harus dipastikan prima dan selalu siap saat digunakan di bawah guyuran hujan.

Ada beberapa komponen yang wajib dipastikan kondisinya agar berkendara di musim hujan tetap nyaman dan aman di perjalanan.

Sigit Wahyu Anggoro, Division Head After Sales & Biz Solution CARfix Indonesia, mengatakan, ada beberapa komponen penting yang perlu dipastikan kondisinya.

Baca juga: Catat, Ini Jadwal Penghapusan Denda Pajak Kendaraan di 7 Provinsi

Penggunaan lampu HID.istimewa Penggunaan lampu HID.

1. Lampu

Sigit mengatakan, penerangan pada kendaraan menjadi bagian yang sangat vital, apalagi saat berkendara dalam kondisi hujan.

Saat mengemudi di bawah guyuran hujan otomatis visibilitas pengemudi juga akan berkurang atau tidak sebagus ketika berkendara dalam cuaca terang.

Maka dari itu, kondisi lampu mobil juga dipastikan masih berfungsi dengan baik dan layak untuk digunakan.

Baca juga: 1,6 Juta Kendaraan Bermotor di Jateng Belum Bayar Pajak

“Yang perlu dicek adalah lampu, pastikan semua lampu berfungsi normal, cek kondisi bola lampu, baik lampu jauh maupun lampu dekatnya juga,” kata Sigit kepada Kompas.com beberapa hari lalu.

Merawat wiper kaca mobilautofresh.net Merawat wiper kaca mobil

2. Wiper

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X