Mengemudi Saat Musim Hujan, Waspada Terjadi Aquaplaning

Kompas.com - 22/10/2020, 08:12 WIB
Ilustrasi berkendara di musim hujan illawarramercury.com.auIlustrasi berkendara di musim hujan
Penulis Ari Purnomo
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Memasuki musim hujan perilaku mengemudikan kendaraan roda empat sebaiknya juga diubah.

Perbedaan kondisi aspal membuat perubahan pada daya cengkeram ban saat melaju di atasnya. Terlebih, jika kondisi jalan tergenang air maka bisa menyebabkan terjadinya aquaplaning.

Kondisi ini adalah hilangnya daya cengkeram ban pada aspal yang terjadi pada mobil. Dalam kondisi tertentu aquaplaning bisa memicu terjadinya kecelakaan lalu lintas yang fatal.

Aquaplaning atau yang juga disebut hydroplaning bisa terjadi ketika mobil melaju di jalan yang tergenang dengan kecepatan tinggi.

Baca juga: Catat, Ini Jadwal Penghapusan Denda Pajak Kendaraan di 7 Provinsi

Zulpata Zainal, On Vehicle Test (OVT) Manager PT Gajah Tunggal Tbk, mengatakan, aquaplaning ini tidak dapat dicegah. Bahkan tidak ada cara untuk mengatasi jika seorang pengemudi sudah mengalami kondisi ini.

Menurut dia, yang dapat dilakukan oleh pengemudi adalah dengan cara mengurangi kecepatan kendaraan ketika melintas di jalan yang ada genangan airnya.

Aquaplaningyoutube.com Aquaplaning

“Agar tidak mengalami aquaplaning, hindari melibas genangan dengan kecepatan tinggi. Tidak ada triknya kalau mengalami aquaplaning ini,” kata Zulpata kepada Kompas.com, Rabu (21/10/2020).

Selain itu, Zulpata juga menyarankan, sebelum berkendara dalam kondisi hujan atau jalan basah sebaiknya tekanan udara ban dipastikan sudah sesuai.

Dengan kondisi tekanan udara yang pas maka pengendalian kendaraan akan semakin bagus. Selain itu, juga sistem pengereman juga akan bekerja dengan maksimal.

Baca juga: 1,6 Juta Kendaraan Bermotor di Jateng Belum Bayar Pajak

“Tekanan udara baik dalam kondisi jalan basah atau kering sebaiknya sesuai dengan yang direkomendasikan. Selain itu jika ban telapaknya gundul (aus) sebaiknya tetap mengurangi kecepatan kendaraannya,” ucapnya.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X