Rahasia Alex Marquez Bisa Podium Dua Kali Berturut Turut

Kompas.com - 21/10/2020, 07:42 WIB
Alex Marquez saat berlaga di MotoGP Aragon. (Photo by JOSE JORDAN / AFP) JOSE JORDANAlex Marquez saat berlaga di MotoGP Aragon. (Photo by JOSE JORDAN / AFP)

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah beberapa seri tampil mengecewakan, Alex Marquez akhirnya mulai kompetitif. Berkat setting motor dan gaya berkendara sang kakak, Alex berhasil naik podium dua kali berturut-turut.

Alex sukses mendapatkan podium dengan finis di urutan kedua sebanyak dua kali. Pertama, pada MotoGP Le Mans dalam kondisi wet race. Lalu yang kedua, pada MotoGP Aragon saat dry race.

Baca juga: Lorenzo Tak Percaya Alex Marquez Bisa Naik Podium Lagi

Banyak yang menganggap podium pertamanya hanyalah keberuntungan. Sebab, banyak pebalap yang sebelumnya berada di depan Alex mengalami crash.

Alex Marquez raih podium keduanya di MotoGP Aragon. (Photo by JOSE JORDAN / AFP)JOSE JORDAN Alex Marquez raih podium keduanya di MotoGP Aragon. (Photo by JOSE JORDAN / AFP)

Namun, anggapan tersebut berhasil dipatahkan ketika dirinya naik podium lagi di MotoGP Aragon. Saat itu, balapan berlangsung dalam kondisi normal.

Alex mengaku, perubahan dirinya menjadi lebih kompetitif berkat bantuan Marc Marquez. Timnya menggunakan data yang mirip dengan motor Marc.

"Di tes Misano, saya membuat kemajuan yang penting. Saya mencoba hal baru, tidak besar, tapi saya mencoba menggunakan data yang lebih mirip seperti Marc. Saya mengerti bagaimana Honda seharusnya dikendarai," ujar Alex, dikutip dari GPone.com.

Baca juga: Alex Marquez Sebut Podium di Aragon Lebih Spesial Dibanding Le Mans

Alex menjelaskan, dirinya harus menjadi pebalap yang lengkap. Maksudnya, kuat di semua area, mulai dari pengereman, tikungan, akselerasi, tidak bisa hanya fokus di satu area saja.

"Anda harus selalu sepenuhnya konsentrasi. Rileks sedikit saja bisa kehilangan satu detik tiap lap. Untuk alasan ini, semua orang bilang ini adalah motor yang sulit dan juga Marc sering mengalami crash, dia mencoba mencari limit," kata Alex.

Aksi pebalap Repsol Honda, Alex Marquez, pada sesi kualifikasi MotoGP Emilia Romagna di Sirkuit Misano pada 19 September 2020.AFP/ANDREAS SOLARO Aksi pebalap Repsol Honda, Alex Marquez, pada sesi kualifikasi MotoGP Emilia Romagna di Sirkuit Misano pada 19 September 2020.

Alex mengakui, Honda adalah motor yang sulit. Namun, RC213V memiliki potensi untuk menang.

Di musim pertamanya, Alex tidak menargetkan sesuatu yang muluk-muluk, seperti podium. Dia hanya ingin finis delapan besar setiap serinya. Jika itu terwujud, barulah naik ke tahap yang lebih besar.

Baca tentang


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X