Royal Enfield Buka Pabrik di Thailand, Harga Lebih Murah?

Kompas.com - 20/10/2020, 13:01 WIB
Royal Enfield resmikan pembukaan tiga diler baru di Jabodetabek. Foto: IstimewaRoyal Enfield resmikan pembukaan tiga diler baru di Jabodetabek.

JAKARTA, KOMPAS.com - Royal Enfield berencana untuk membuka fasilitas produksi di Thailand. Hasilnya, akan dikirim juga ke Indonesia.

Irvino Edwardly, Country Manager Royal Enfield Indonesia, mengatakan, Royal Enfield bermanufaktur di Chennai, India. Namun, memiliki Technology Centre di Inggris, serta pabrik pertama di luar India yang berlokasi di Argentina.

Baca juga: Optimis, Royal Enfield Tambah 3 Diler Baru di Jabodetabek

"Kemudian sedang berlangsungnya pembangunan pabrik yang berlokasi di Thailand, Royal Enfield terus memperluas jangkauan pasar secara global untuk meningkatkan produksinya dengan cepat mengikuti lonjakan permintaan," ujar Irvino, kepada Kompas.com, belum lama ini.

Royal Enfield resmikan pembukaan tiga diler baru di Jabodetabek.Foto: Istimewa Royal Enfield resmikan pembukaan tiga diler baru di Jabodetabek.

Irvinl menambahkan, Royal Enfield melihat pertumbuhan yang konsisten di Kawasan Asia Pasifik. Maka itu, pembangunan pabrik perakitan baru di Thailand ditargetkan untuk dapat menembus pasar di sekitar Asia Tenggara, termasuk Indonesia, Malaysia, and Vietnam.

"Setidaknya 40 persen suku cadang akan menjadi produksi lokal. Sementara sisanya, akan dikirim dari India, diharapkan dapat beroperasi dimulai pada tahun 2021," kata Irvino.

Baca juga: Sosok Motor Cruiser Royal Enfield Kembali Tertangkap Kamera

Saat ditanya apakah harganya akan lebih murah, Royal Enfield Indonesia enggan menanggapinya. Namun, tak menutup kemungkinan hal tersebut akan terjadi.

Contohnya, Harley-Davidson yang sebelumnya didatangkan dari Amerika dan India, kini sebagian didatangkan dari Thailand.

Kerja sama ekonomi antara negara, membuat bea masuk motor gede ( moge) ini semakin tinggi. Ketika produksi sudah dialihkan ke Thailand, maka bea masuk langsung nol persen, sesuai kesepakatan dagang antar negara ASEAN.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X