Mengenal Istilah Kursi CB dan CD yang Ada di Kabin Bus

Kompas.com - 20/10/2020, 10:22 WIB
louver AC bus Kompas.com/Fathan Radityasanilouver AC bus

JAKARTA, KOMPAS.com – Naik bus antar kota antar provinsi ( AKAP), biasanya diisi oleh tiga kru yang menemani perjalanan, terdiri dari dua pengemudi dan satu kernet. Jika penumpang memiliki kursinya sendiri, begitu juga dengan kru.

Kursi milik kru dan pengemudi kedua biasa kita lihat saat pertama kali masuk lewat pintu depan. Biasanya kursi ini tepat di sebelah pintu masuk dan satu lagi berada di sebelahnya, posisinya di tengah.

Anggota Forum Bismania Indonesia, Dimas Raditya mengatakan, kursi milik kru bus dan pengemudi kedua memiliki sebutan sendiri, yaitu CB dan CD.

Baca juga: Sah, Pelat Nomor Kendaraan Listrik Ada Tanda Khusus Kelir Biru

Dasbor busInstagram/laksanabus Dasbor bus

“CB singkatan dari Crew Bus dan CD dari Co Driver. Sebutan ini sudah lama digunakan oleh para Bismania,” ucap Dimas kepada Kompas.com, Senin (19/10/2020).

Posisi kursi CB biasanya bisa dilipat bagian bawahnya, sehingga memudahkan akses penumpang yang masuk ke kabin. Sedangkan kursi CD biasanya bisa dilipat ke depan, menempel ke dasbor, namun tidak semua bus memiliki kursi Co Driver ini.

Baca juga: Kondisi Terkini Rossi Setelah 3 Hari Kena Covid-19

Tempat tidur sopir busJalur Bus Tempat tidur sopir bus

Jika tidak ada kursi CD, pengemudi ke dua bisa duduk di lantai kabin atau beristirahat di tempat istirahatnya. Tempat istirahat untuk pengemudi kedua juga memiliki sebutan, yaitu kandang macan.

Dimas mengatakan, sebutan kandang macan ini karena karakter pengemudi yang garang saat dibelakang setir, seperti macan. Garang di sini maksudnya lebih ke sering menyalip dan mengebut, terutama saat dahulu di jalur Pantura.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X