3 Faktor Penyebab Kerusakan Ban Mobil, Salah Satunya Kurang Tekanan Udara

Kompas.com - 18/10/2020, 10:42 WIB
Ilustrasi alat bengkel ban mobil KOMPAS.com/GilangIlustrasi alat bengkel ban mobil
Penulis Ari Purnomo
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Ban merupakan komponen yang sangat vital pada kendaraan bermotor, tidak hanya roda dua tetapi juga roda empat.

Tetapi, untuk mobil ada sedikit perlakuan yang berbeda untuk menjaga agar ban tetap dalam kondisi prima dan siap ketika digunakan.

Sebagaimana komponen yang lainnya pada kendaraan, ban juga membutuhkan perawatan secara berkala.

Perawatan secara rutin wajib dilakukan untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan saat digunakan, seperti pecah ban.

Baca juga: Pilihan Mobil Bekas Rp 70 Jutaan, Ada Yaris, Avanza sampai CR-V

Bagi pemilik mobil sebaiknya mengetahui sejumlah faktor yang berpotensi menyebabkan kerusakan pada karet pembungkus pelek ini.

Ilustrasi membaca kode produksi ban mobil untuk mengetahui usia banGridOto.com Ilustrasi membaca kode produksi ban mobil untuk mengetahui usia ban

On Vehicle Test (OVT) Manager PT Gajah Tunggal Tbk Zulpata Zainal mengatakan, perawatan pada ban bisa memperpanjang usia pemakaiannya.

“Dengan begitu maka bisa menghemat pengeluaran, karena tidak perlu sering membeli ban,” kata Zulpata kepada Kompas.com, Sabtu (17/10/2020).

Baca juga: Pilihan Mobil Bekas Rp 50 Jutaan di Balai Lelang, Ada Kijang Innova

Setidaknya ada tiga faktor yang bisa menyebabkan kerusakan ban

Perhatikan isi garasi, khususnya mobil Anda. Periksa tekanan udara ban mobil Anda dan sesuaikan dengan ketentuan yang biasa diletakkan di pintu mobil. Ban dengan isi yang ideal mampu menghemat penggunaan bahan bakar.huffingtonpost.com Perhatikan isi garasi, khususnya mobil Anda. Periksa tekanan udara ban mobil Anda dan sesuaikan dengan ketentuan yang biasa diletakkan di pintu mobil. Ban dengan isi yang ideal mampu menghemat penggunaan bahan bakar.

1. Kurang tekanan udara

Mungkin masih banyak pemilik mobil yang mengabaikan kondisi tekanan udara ban. Bahkan tidak jarang yang nekat mengendarai mobil dalam kondisi ban kempis.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X