Thailand Punya Fortuner Legender, Kenapa di Indonesia Tidak Ada?

Kompas.com - 15/10/2020, 16:21 WIB
New Toyota Forruner Legender Toyota ThailandNew Toyota Forruner Legender
|

JAKARTA, KOMPAS.com – PT Toyota Astra Motor (TAM) akhirnya resmi memasarkan Fortuner facelift di Indonesia. Mobil ini mendapat pembaruan pada sisi eksterior, interior, hingga penambahan beberapa fitur terkini.

Secara varian, Fortuner facelift terdiri dari 8 varian yang dipasarkan mulai Rp 504,9 juta (tipe 2.4 G 4x2 M/T Diesel) sampai Rp 704,5 juta (tipe 2.4 VRZ 4x4 A/T Diesel).

Berbeda dengan di Thailand, Fortuner di Indonesia tidak memiliki varian Legender yang menjadi tipe tertinggi.

Baca juga: Tidak Hanya PPnBM, Kemenperin Usul Keringanan di Tiga Pajak Krusial Sektor Otomotif

Tampilan interior Toyota FortunerTAM Tampilan interior Toyota Fortuner

Untuk diketahui, varian ini mengusung tampilan eksterior yang agak berbeda. Selain itu, Fortuner ini juga mendapat mesin diesel baru 2.800 cc dengan tenaga mencapai 201 tk dan torsi 500 Nm.

Anton Jimmi Suwandy, Direktur Pemasaran PT TAM, mengatakan, pihaknya masih mempertimbangkan kehadiran varian Legender untuk pasar Indonesia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Ini kita juga lagi mendengarkan suara dari pasar, dari media, dan dari konsumen. Bagaimana tanggapan terhadap produk yang kita launching sekarang, yang minor change, dan juga Legender,” ujar Anton, dalam konferensi virtual (15/10/2020).

Baca juga: Rossi Bilang Balapan MotoGP Aragon Selalu Sulit

Tampilan Toyota Fortuner faceliftTAM Tampilan Toyota Fortuner facelift

Menurut Anton, kalau respon konsumen terhadap varian Legender cukup bagus, bisa saja model ini hadir di Indonesia suatu saat nanti.

“Saya sudah memperkirakan ini menjadi isu yang menarik. Mungkin bagi saya sesama pemerhati otomotif, saya juga senang ada masukan seperti ini. Jujur kita consider Legender masuk atau tidak. Cuma mempertimbangkan beberapa hal, termasuk masalah harga,” katanya.

Apalagi harga Fortuner Legender di Thailand memang terbilang tinggi. Dari situs resmi Toyota Thailand, model ini dilepas 1.839.000 baht atau setara Rp 820 jutaan.

Baca juga: Telisik Fitur Skuter Listrik Benelli Divo

Launching Virtual Toyota Kijang Innova dan Fortuner Facelift, Kamis (15/10/2020).KOMPAS.com/Ruly Launching Virtual Toyota Kijang Innova dan Fortuner Facelift, Kamis (15/10/2020).

“Setelah mempelajari semua pilihan-pilihan yang ada, termasuk TRD dan lain-lain. Kami merasa lebih confident bahwa Fortuner yang sekarang, sama dengan tipe TRD-nya, lebih cocok dan lebih sesuai untuk konsumen Indonesia,” ucap Anton.

Meski begitu, Anton mengatakan pihaknya tidak menutup diri dari masukan-masukan konsumen yang menginginkan varian Legender.

“Karena anyway produknya sudah available di Thailand. Jadi possibility-nya kalau dikatakan tidak ada, pasti ada. Cuma kita perlu pelajari benar-benar, harga berapa, item mana dari Legender yang kemudian dicari,” tuturnya.

Tapi pada saat ini belum ada rencana untuk Legender masuk Indonesia. Jadi kita masih fokus di Fortuner, dan juga Fortuner TRD. Tapi terbuka kalau memang banyak yang minta dan daya acceptance-nya tinggi, ya kita akan pelajari lebih serius,” kata Anton.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.