Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Thailand Punya Fortuner Legender, Kenapa di Indonesia Tidak Ada?

JAKARTA, KOMPAS.com – PT Toyota Astra Motor (TAM) akhirnya resmi memasarkan Fortuner facelift di Indonesia. Mobil ini mendapat pembaruan pada sisi eksterior, interior, hingga penambahan beberapa fitur terkini.

Secara varian, Fortuner facelift terdiri dari 8 varian yang dipasarkan mulai Rp 504,9 juta (tipe 2.4 G 4x2 M/T Diesel) sampai Rp 704,5 juta (tipe 2.4 VRZ 4x4 A/T Diesel).

Berbeda dengan di Thailand, Fortuner di Indonesia tidak memiliki varian Legender yang menjadi tipe tertinggi.

Untuk diketahui, varian ini mengusung tampilan eksterior yang agak berbeda. Selain itu, Fortuner ini juga mendapat mesin diesel baru 2.800 cc dengan tenaga mencapai 201 tk dan torsi 500 Nm.

Anton Jimmi Suwandy, Direktur Pemasaran PT TAM, mengatakan, pihaknya masih mempertimbangkan kehadiran varian Legender untuk pasar Indonesia.

“Ini kita juga lagi mendengarkan suara dari pasar, dari media, dan dari konsumen. Bagaimana tanggapan terhadap produk yang kita launching sekarang, yang minor change, dan juga Legender,” ujar Anton, dalam konferensi virtual (15/10/2020).

Menurut Anton, kalau respon konsumen terhadap varian Legender cukup bagus, bisa saja model ini hadir di Indonesia suatu saat nanti.

“Saya sudah memperkirakan ini menjadi isu yang menarik. Mungkin bagi saya sesama pemerhati otomotif, saya juga senang ada masukan seperti ini. Jujur kita consider Legender masuk atau tidak. Cuma mempertimbangkan beberapa hal, termasuk masalah harga,” katanya.

Apalagi harga Fortuner Legender di Thailand memang terbilang tinggi. Dari situs resmi Toyota Thailand, model ini dilepas 1.839.000 baht atau setara Rp 820 jutaan.

“Setelah mempelajari semua pilihan-pilihan yang ada, termasuk TRD dan lain-lain. Kami merasa lebih confident bahwa Fortuner yang sekarang, sama dengan tipe TRD-nya, lebih cocok dan lebih sesuai untuk konsumen Indonesia,” ucap Anton.

Meski begitu, Anton mengatakan pihaknya tidak menutup diri dari masukan-masukan konsumen yang menginginkan varian Legender.

“Karena anyway produknya sudah available di Thailand. Jadi possibility-nya kalau dikatakan tidak ada, pasti ada. Cuma kita perlu pelajari benar-benar, harga berapa, item mana dari Legender yang kemudian dicari,” tuturnya.

Tapi pada saat ini belum ada rencana untuk Legender masuk Indonesia. Jadi kita masih fokus di Fortuner, dan juga Fortuner TRD. Tapi terbuka kalau memang banyak yang minta dan daya acceptance-nya tinggi, ya kita akan pelajari lebih serius,” kata Anton.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/10/15/162100915/thailand-punya-fortuner-legender-kenapa-di-indonesia-tidak-ada-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke