Kenali Fungsi Tuas pada Spion Tengah Mobil

Kompas.com - 13/10/2020, 10:12 WIB
Tuas kaca spion punya fungsi penting sebagai penangkal sinar Stanly/KompasOtomotifTuas kaca spion punya fungsi penting sebagai penangkal sinar
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Sampai saat ini masih banyak pemilik mobil yang "buta" soal kegunaan beberapa fitur yang ada pada mobilnya.

Padahal fitur-fitur tersebut setiap hari terlihat dengan jelas, dan bila difungsikan, bisa sangat membantu ketika berkendara.

Salah satu yang kerap tak dipedulikan, bahkan disalah fungsikan adalah spion tengah yang ada pada interior mobil. Selain berguna untuk memantau kondisi di dalam kabin, spion tengah ini juga memiliki banyak fungsi.

Tapi sayangnya, tak sedikit pemilik mobil yang justru memanfaatkannya hanya sebagai cermin saja. Bahkan untuk pengendara wanita hanya dijadikan wadah kala akan berdandan sebelum turun dari mobil saja.

Baca juga: Waspada Blind Spot pada Sepeda Motor meski Ada Spion

Nah, penting diketahui, kaca spion tengah yang ada di dalam kabin memiliki fungsi yang bisa membantu pengendara menghalau pancaran sinar lampu berlebih dari mobil di belakang. Hal ini sangat berguna ketika mengendarai mobil pada malam hari.

fungsi spion tengah pada kabins515i.com fungsi spion tengah pada kabin

Caranya cukup memanfatkan tuas kecil pada bagian bawah spion, terutama untuk spion yang masih model lawas.

Tapi bila sudah mengusung spion yang modern, alias dilengkapi dengan auto dimming, tinggal tekan tombol saja untuk membiaskan sinar tersebut.

"Ini berguna di malam hari, kadan suka ada pengendara di belakang yang gemar memainkan lampu jauh high-beam. Bila posisinya berada tepat di belakang kita akan sangat silau sekali ketika terkena pantulan cahayanya dari sinar yang terbias dari kaca spion tengah itu," kata Kepala Bengkel Auto2000 Cilandak Suparna, beberapa waktu lalu.

Agar tak silau, maka tuas kecil di bawah atau belakang spion tinggal ditekan. Dengan demikian, pancaran sinar lampu yang tembus hingga ke ruang kabin bisa diredakan dengan dibiasakan lagi intensitas cahayanya.

Ilustrasi pengemudi yang terpapar lampu jauh.express.co.uk Ilustrasi pengemudi yang terpapar lampu jauh.

Baca juga: Suzuki XL7 Alter Ego, Kental Nuansa Adventure

Dengan cahaya lampu jauh yang sudah bisa direduksi, otomatis membuat visual pengendara bisa kembali nyaman. Karena bila sampai terlalu silau, makan akan sangat berbaya lantaran membuat visibilitas menjadi kacau dan menggangu konsentrasi.

"Karena sudah dibiaskan, jadi sinar lampu yang masuk ke kabin tidak silau, cahaya yang diterima mata juga lebih rendah, dan pengendara tetap bisa melihat visibilitas belakang seperti biasa," ucap Suparna.

Ksca spion konvensional pada mobil akan digantikan dengan teknologi video streaming yang membuat mobil bakal tanpa kaca spion.Leftlanenews Ksca spion konvensional pada mobil akan digantikan dengan teknologi video streaming yang membuat mobil bakal tanpa kaca spion.

"Tuas ini kebanyakan ada pada mobil menengah ke bawah, kalau mobil menengah ke atas sudah pakai spion auto dimming rear view mirror, jadi otomatis meredup saat ada sinar berlebih, tidak manual pakai tuas lagi," kata dia.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X