Antisipasi Aksi Unjuk Rasa, Polda Metro Rekayasa Lalin Sekitar Istana

Kompas.com - 13/10/2020, 07:02 WIB
Ilustrasi suasana lalu lintas di Kuala Lumpur mobilmo.comIlustrasi suasana lalu lintas di Kuala Lumpur

JAKARTA, KOMPAS.com - Polda Metro Jaya siap mengawal aksi unjuk rasa yang akan digelar oleh Persatuan Alumni 212 terkait penolakan terhadap UU Cipta Kerja di sekitar wilayah Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Selasa (13/10/2020).

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo menyatakan, pihaknya telah menyiapkan sejumlah rekayasa lalu lintas di titik terkait yang bersifat situasional.

"Anggota selalu siap di lapangan. Kita lakukan pengalihan lalin dengan melihat situasi yang ada, yakni jika ada kepadatan akibat penumpukan massa," katanya dalam keterangan tertulis.

Baca juga: Begini Gaya Mengemudi yang Bikin Boros BBM

Sejumlah massa mahasiswa maupun pelajar terpantau memadati beberapa titik di Jalan Raya Pondok Indah, Jakarta dari arah Bundaran Pondok Indah ke arah Mal Pondok Indah pada Kamis (8/9/2020) sore.KOMPAS.com/WAHYU ADITYO PRODJO Sejumlah massa mahasiswa maupun pelajar terpantau memadati beberapa titik di Jalan Raya Pondok Indah, Jakarta dari arah Bundaran Pondok Indah ke arah Mal Pondok Indah pada Kamis (8/9/2020) sore.

Adapun surat pemberitahuan aksi ini, pihak Polda Metro Jaya mengaku sudah menerimanya. Jumlah massa yang akan beraksi disebutkan bakal berjumlah sekitar 1.000 orang.

"Kita siap memaksimalkan pengamanan, terkhusus untuk di Istana. Kita lihat saja, katanya 1.000 orang," ujar Kapolda Metro Jaya Irjen Nana Sudjana di Mapolda Metro Jaya, Jakarta.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Petugas sendiri akan menyesuaikan dengan jumlah massa. Anggota Polri/TNI sudah siap mengamankan aksi besok, kami akan kawal," lanjut dia.

Pada kesempatan terpisah, Sambodo juga menyatakan bahwa pekan ini pembatasan mobil pribadi melalui sistem ganjil genap masih ditiadakan.

Baca juga: Aturan Naik Transportasi Umum dan Jam Operasional Selama PSBB Transisi

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by TMC Polda Metro Jaya (@tmcpoldametro) on Oct 12, 2020 at 7:40am PDT

Berikut ini rekayasa pengalihan arus sekitar Istana Negara:

1. Arus lalu lintas dari Jalan Veteran Raya yang akan menuju Jl Veteran III diluruskan ke TL Harmoni.

2. Arus lalu lintas dari Jalan Medan Merdeka Timur yang akan menuju Jalan Medan Merdeka Utara dibelokkan ke kanan ke Jalan Perwira.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.