Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gagal Cetak Rekor di MotoGP Perancis 2020, Quartararo Masih Lega

Kompas.com - 12/10/2020, 18:17 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

Sumber Crash

LE MANS, KOMPAS.com - Fabio Quartararo masih bisa bersyukur meski tidak bisa mencetak sejarah pada laga kandang yang diselenggarakan di Sirkuit Le Mans, Perancis, Minggu (11/10/2020).

Pasalnya, pebalap Petronas Yamaha SRT tersebut tidak mampu mempertahankan posisinya di posisi pertama sejak putaran perdana. Ia terpaksa melorot ke posisi keempat setelah disalip tiga pebalap Ducati.

Hingga laga berlangsung, Quartararo hanya berhasil finis di posisi sembilan. Posisinya berada di depan Maverick Vinales dan Joan Mir selaku pesaing terkuat dalam klasemen musim ini.

Baca juga: Hasil MotoGP Perancis 2020, Petrucci Juara, Marquez Menggila

Ilustrasi MotoGP AustraliaRobert Cianflone / Getty Images Ilustrasi MotoGP Australia

"Sasaran kami tidak hanya podium, tetapi merebut juara dunia. Perebutan posisi ke-9 dengan Joan seperti perebutan kemenangan dan saya puas hasilnya," ujar dia dilansir Crash.net, Senin (12/10/2020).

Quartararo mengaku bahwa ia sempat melakukan kalkulasi jumlah poin di klasemen sembari mengamati di mana posisi Andrea Dovizioso selama balapan berlangsung.

Ia pun tak menampik sempat khawatir jika Mir melaju di depannya mengingat selisih poin mereka berdua hanya terpaut tipis yakni 10 poin.

"Saya pikir ini pertama kalinya dalam perlombaan saya memikirkan tentang juara. Saat Joan menyalip, saya bilang 'tidak mungkin'. Saya tidak mau keluar balapan tanpa mencoba sesuatu," ucap Quartararo.

"Saya pun mengerem dengan keras di tikungan 9 dan menyalipnya. Mendorong Joan melebar, tapi saya juga ikut melebar sedikit," lanjut dia.

Baca juga: Hasil Klasemen MotoGP 2020, Quartararo Masih Teratas Ditemani Joan Mir

Pada kesempatan yang sama, Quartararo pun cukup lega bahwa Dovizioso hanya finis di posisi keempat usai dikalahkan Alex Marquez dan Pol Espargaro.

"Jujur saja, saat saya melintas di garis finis saya senang berada di depan Joan. Tapi ketika melihat layar dan ada rider 'merah' di posisi pertama, saya sempat khawatir karena Dovi semakin dekat," katanya.

"Tapi saat saya liaht lagi ternyata itu Danilo Petrucci. Saya lega sekaligus senang masih bisa memimpin klasemen," pungkas Quartararo.

Usai MotoGP Perancis 2020, Quartararo memimpin papan klasemen dengan perolehan 115 poin. Sementara Joan Mir dari tim Suzuki Ecstar tepat berada di bawahnya dengan 105 poin, dilanjutkan Dovi 97 poin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Crash
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com