Memanfaatkan Fitur Shift Lock pada Mobil Matik saat Parkir Paralel

Kompas.com - 12/10/2020, 09:22 WIB
Kenali cara kerja shift lock di mobil matik Kenali cara kerja shift lock di mobil matik

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada situasi tertentu, parkir paralel kerap diperlukan karena keadaan. Misalnya situasi parkiran seri yang sudah penuh, namun diperbolehkan parkir paralel.

Tetapi, bagi pengemudi mobil dengan transmisi otomatis, sangat disarankan untuk tidak lupa lupa memindah posisi tuas transmisi ke posisi N (Netral), sebelum meninggalkan mobil yang parkir paralel.

Masih banyak terjadi kasus mobil yang diparkir paralel tidak bisa digeser, ketika kendaraan lainnya mau keluar parkir. Pengemudinya merasa tidak memasang rem parkir, namun ternyata lupa memindahkan tuas transmisi ke N.

Baca juga: Hasil Moto2 GP Perancis 2020, Sam Lowes Juara, Andi Gilang Jatuh

Untuk mobil modern, tuas transmisi hanya bisa digeser dengan menggunakan shift lock. Hanya saja, tiap merek bahkan jenis mobil, sistem shift lock-nya berbeda-beda. Pengemudi perlu memahami ini, minimal dari buka manual.

Tombol shift lock di mobil Toyota Calya.KOMPAS.com / GHULAM M NAYAZRI Tombol shift lock di mobil Toyota Calya.

Tombol shift lock sendiri biasanya terletak di dekat tuas transmisi, yang memiliki fungsi agar transmisi mobil bisa dipindahkan dari P (Parking) ke N (Netral).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pemilik Worner Matic Hermas Prabowo mengatakan, ketika mobil parkir secara paralel, biasanya petugas akan meminta memindahkan tuas transmisi ke posisi N, agar bisa didorong. Di sinilah tombol shift lock bekerja.

Baca juga: Hasil Klasemen MotoGP 2020, Quartararo Masih Teratas Ditemani Joan Mir

“Kalau tanpa tombol shift lock, tuas tidak akan bisa langsung dipindah ke posisi N dari posisi P. Jika tuas di pindah ke posisi N pun saat parkir, untuk mobil matik tidak akan bisa cabut kunci. Karena tuas harus berada pada posisi P,” ujar Hermas belum lama ini kepada Kompas.com.

Hermas mengingatkan, apabila tuas tranmsisi sudah di posisi N, maka jangan menarik tuas rem tangan (rem parkir).

“Sebab akan sia-sia, karena roda mobil kembali terkunci sehingga tidak bisa di dorong,” tuturnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.