Jakarta Terapkan PSBB Transisi, Ganjil Genap Belum Berlaku

Kompas.com - 12/10/2020, 06:32 WIB
Lalu lintas kendaraan di Tol Dalam Kota Jakarta tampak padat pada jam pulang kerja di hari ketiga pemberlakuan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) tahap dua, Rabu (16/9/2020). Pembatasan kendaraan bermotor melalui skema ganjil genap di berbagai ruas Ibu Kota resmi dicabut selama PSBB tahap dua. KOMPAS.com / KRISTIANTO PURNOMOLalu lintas kendaraan di Tol Dalam Kota Jakarta tampak padat pada jam pulang kerja di hari ketiga pemberlakuan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) tahap dua, Rabu (16/9/2020). Pembatasan kendaraan bermotor melalui skema ganjil genap di berbagai ruas Ibu Kota resmi dicabut selama PSBB tahap dua.
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta resmi menarik kebijakan rem darurat.

Artinya, aturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) secara ketat berganti ke PSBB transisi.

Menariknya, untuk kebijakan pembatasan mobil pribadi melalui metode ganjil genap, ternyata belum juga diberlakukan kembali meskipun PSBB sudah kembali ke masa transisi hingga 25 Oktober 2020.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan, untuk ganjil genap di seluruh ruas jalan Jakarta pada masa PSBB transisi yang berlaku dua pekan ke depan belum ditetapkan kembali.

Baca juga: PSBB Transisi DKI Jakarta, Begini Pembatasan di Angkutan Umum

"Untuk kebijakan ganjil genap sendiri pada masa transisi ini belum diberlakukan kembali, ke-25 ruas jalan belum terapkan ganjil genap, masih normal," ucap Syafrin saat dihubungi Kompas.com, Minggu (11/10/2020).

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Suasana kendaraan terjebak macet di Jalan Tol Cawang-Grogol, Jakarta Selatan, Jumat (5/6/2020). Pada hari pertama penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi, lalu lintas di sejumlah jalan di DKI Jakarta terpantau padat hingga terjadi kemacetan.ANTARA FOTO/SIGID KURNIAWAN Suasana kendaraan terjebak macet di Jalan Tol Cawang-Grogol, Jakarta Selatan, Jumat (5/6/2020). Pada hari pertama penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi, lalu lintas di sejumlah jalan di DKI Jakarta terpantau padat hingga terjadi kemacetan.

Lebih lanjut Syafrin menjelaskan bila aturan ganjil genap untuk mobil pribadi sejauh ini memang belum diputuskan kapan akan diberlakukan lagi.

Dengan demikian, menurut Syafrin, warga yang terpaksa masih harus melakukan aktivitas atau bekerja di kantor, bisa menggunakan mobil pribadi.

Namun tetap wajib mematuhi aturan atau protokol kesehatan.

Baca juga: [VIDEO] Simak Detail LCGC Suzuki Wagon R Edisi Khusus

 

"Jadi penerapan ganjil genap di DKI akan sama seperti waktu itu, menunggu keputusan dari Gubernur. Sejauh ini di PSBB transisi belum berlaku lagi kebijakannya," kata Syafrin.

Seperti diketahui, setelah hampir satu bulan diterapkan PSBB ketat sebagai bentuk kebijakan rem darurat akibat jumlah kasus Covid-19 yang meningkat akhirnya Pemprov melonggarkan kembali ke PSBB transisi.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X