Selain Korsleting, Komponen Ini Bisa Sebabkan Mobil Terbakar

Kompas.com - 07/10/2020, 13:00 WIB
Sebuah mobil sedan Mazda RX-7 keluaran 1996 terbakar di Jalan Suryo, Rawa Barat, Kebayoran Baru, Jakarta, Kamis (6/8/2020) pukul 09.15 WIB. Dok. IstimewaSebuah mobil sedan Mazda RX-7 keluaran 1996 terbakar di Jalan Suryo, Rawa Barat, Kebayoran Baru, Jakarta, Kamis (6/8/2020) pukul 09.15 WIB.

JAKARTA, KOMPAS.com - Banyak kejadian mobil terbakar disebabkan oleh terjadinya arus pendek alias korsleting listrik. Namun, di beberapa kasus juga ada yang disebabkan oleh komponen lain.

Salah satunya adalah kebocoran pada saluran bahan bakar termasuk juga kerusakan pada komponen radiator. Komponen tersebut memiliki peran yang sangat vital.

Baca juga: Simak, Ini Penyebab Mobil Terbakar Saat Mengisi BBM

Radiator berfungsi untuk menjaga suhu mesin tetap optimal. Jika temperatur terlalu tinggi, mobil akan mengalami overheat dan berakibat mogok.

Kondisi radiator yang mengalami kerusakan pada bagian pipa kapilernyaAri Purnomo Kondisi radiator yang mengalami kerusakan pada bagian pipa kapilernya

Kepala Bengkel Auto2000 Cibinong Deni Adrian mengatakan, kebakaran yang disebabkan pada bagian radiator bisa saja terjadi.

Deni menyebut coolant atau cairan radiator bisa menjadi salah satu penyebab terjadinya kebakaran di mobil. Kandungan zat kimia pada cairan radiator memiliki material atau senyawa yang mudah terbakar.

“Jika radiator sedang dalam keadaan panas, biasanya akan timbul uap. Uap ini jika tersulut dengan percikan api atau panas bisa saja terbakar,” ujar Deni, kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Baca juga: Bisakah Mobil Meledak karena Terbakar Seperti di Film-film?

Prayoga Angga, pemilik bengkel spesialis radiator, mengatakan, kondisi radiator harus selalu diperhatikan. Sebab, jika komponen pendingin mesin tersebut bermasalah maka efeknya akan cukup banyak.

“Kalau sampai terjadi kekosongan pada radiator bisa menyebabkan silinder bengkok dan harus turun mesin. Kemudian kerusakan pada radiator juga bisa menyebabkan terjadinya kebakaran,” ujar Yoga, kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Yoga menambahkan, sebagai komponen pendingin mesin maka radiator harus bisa menjaga suhu mesin dan bekerja secara otomatis untuk mendinginkannya.

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebuah mobil merek Range Rover terbakar di Tol Dalam Kota Cawang-Otista, Jakarta, Rabu (2/9/2020).  Mobil terbakar di bahu jalan tol.   Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes  Sambodo Purnomo Yogo mengatakan mobil Range Rover terbakar pada pukul 09.00 WIB.  “Kejadian jam 09.00 di KM 1 200 arah Cawang. Mobil Range Rover,” kata Sambodo kepada Kompas.com, Rabu (2/9/2020) pagi.  Sambodo terlihat memantau langsung proses pemadaman mobil Range Rover.   Ia hadir sekitar pukul 09.46 WIB.  Pantauan dari akun TMC Polda Metro Jaya, asap hitam terlihat mengepul dari mobil yang terbakar.  “Bagi pengendara, diharap menghindari jalur tersebut. Situasi arus lalu lintas terpantau padat,” tulis akun TMC Polda Metro.  Petugas pemadam kebakaran juga sudah terlihat memadamkan api yang membakar mobil Range Rover.  Petugas Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Sudin Gulkarmat) Kota Administrasi Jakarta Selatan, Ruwanto mengatakan, kebakaran mobil sudah bisa diatasi.  Sebuah mobil pemadam kebakaran terlihat diterjunkan untuk memadamkan mobil Range Rover yang terbakar.  Api kini sudah bisa dipadamkan.Dok. TMC Polda Metro Jaya JAKARTA, KOMPAS.com - Sebuah mobil merek Range Rover terbakar di Tol Dalam Kota Cawang-Otista, Jakarta, Rabu (2/9/2020). Mobil terbakar di bahu jalan tol. Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Sambodo Purnomo Yogo mengatakan mobil Range Rover terbakar pada pukul 09.00 WIB. “Kejadian jam 09.00 di KM 1 200 arah Cawang. Mobil Range Rover,” kata Sambodo kepada Kompas.com, Rabu (2/9/2020) pagi. Sambodo terlihat memantau langsung proses pemadaman mobil Range Rover. Ia hadir sekitar pukul 09.46 WIB. Pantauan dari akun TMC Polda Metro Jaya, asap hitam terlihat mengepul dari mobil yang terbakar. “Bagi pengendara, diharap menghindari jalur tersebut. Situasi arus lalu lintas terpantau padat,” tulis akun TMC Polda Metro. Petugas pemadam kebakaran juga sudah terlihat memadamkan api yang membakar mobil Range Rover. Petugas Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Sudin Gulkarmat) Kota Administrasi Jakarta Selatan, Ruwanto mengatakan, kebakaran mobil sudah bisa diatasi. Sebuah mobil pemadam kebakaran terlihat diterjunkan untuk memadamkan mobil Range Rover yang terbakar. Api kini sudah bisa dipadamkan.

Jika radiator tidak berfungsi dengan baik dan mesin mengalami overheat, perangkat lain juga akan terdampak, termasuk bagian kelistrikan.

“Radiator kan sebagai pendingin mesin, sehingga jika komponen itu mengalami panas semuanya juga akan panas. Bisa saja menyebabkan korsleting listrik dan terjadi kebakaran,” kata Yoga.

Pada mobil yang usianya sudah tua, kondisi tersebut kerap terjadi. Sebab, usia komponennya juga sudah tua.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X